Breaking

Saturday, April 23, 2016

Jalan dan Berburu Tumbuhan Ornamental Kapuas Hulu

Aridarum surukense
Mendung menggantung di langit bumi Uncak Kapuas, saya duduk di depan rumah warga yang menumpangkan saya bermalam. Sesekali bukit-bukit yang berbaris di kampung ini diselimuti kabut, kadang tipis, kadang tebal. Tekad suda bulat, saya harus menjelajahi perbukitan itu, walaupun sejenak, walaupun tidak jauh, hanya menjejak dan mengenal apa yang mereka simpan untuk kita, manusia.

Menjelang pukul 7 saya berangkat menggunakan motor untuk sampai di jembatan yang menghubungkan desa ini dengan bukit yang ada di sisi timurnya. Tidak sampai lima menit, saya sampai di jembatan dan perjalanan dimulai. Seorang kakek-kakek melewati saya, ternyata beliau sedang dalam perjalanan menuju ke ladangnya yang berada di lereng bukit. Saya putuskan untuk mengikutinya mendaki bukit, daripada tersesat tanpa arah dan tujuan.

Lima belas menit berjalan, hujan dengan intensitas sedang turun. Antara enggan dan harus, saya memasang jas hujan yang memang saya bawa. Mina, itulah nama kakek yang menjadi pemandu saya dalam perjalanan ini. Kami berjalan sambil ngobrol, dari obrolan itu saya tahu bahwa beliau telah berumur lebih dari 70 tahun. Terkesiap rasanya, 40 tahun lebih tua dari saya, dan masih berjalan dengan tenang, saya sendiri sejak mulai mendaki sudah ngos-ngosan.

Setelah satu jam berjalan, akhirnya kami sampai di pondok ladang milik pak Mina. Kabut masih silih berganti membelai lereng bukit dimana ladang pak Mina berada. Masih harus menunggu langit agak cerah, baru padi di ladangnya bisa dipanen. Kabut menyebabkan padi basah, jika dipaksakan untuk dipanen, padinya tidak bisa disimpan untuk waktu yang lama. Tidak sabar ingin mendokumentasikan berbagai jenis tanaman unik di bukit itu, saya langsung berpamitan kepada pak Mina untuk turun kembali menuju kampung. Tentu saja perjalanan saya lakukan sambil mengambil gambar berbagai jenis tanaman ornamental yang potensial untuk menjadi tanaman hias. Hasilnya? Check it down.

Argostema sp
Argostema sp
Koloni Argostema
(Belum tahu nama spesiesnya)

Aridarum surukense
Aridarum surukense
Itulah beberapa jenis tanaman cantik dan unik yang saya temui dalam tracking yang saya lakukan beberapa bulan lalu. Semoga bisa menghibur para pembaca budiman.

1 comment:

Adbox