Breaking

Sunday, August 5, 2012

Pantai Batu Belat, Bengkayang

Pantai Batu Belat - Pantai Pasir Panjang Indah, Pantai Samudra Indrah, Pantai Sedau (Sinka Islan), dan pantai Kura-kura, adalah nama beberapa lokasi wisata pantai di yang cukup dikenal oleh masyarakat Kalimantan Barat, terutama yang tinggal di daerah Pantai Barat Kalimantan Barat dari Pontianak hingga Sambas. Kawasan-kawasan tersebut termasuk kedalam wilayah kabupaten Bengkayang dan kotamadya Singkawang.


Selain pantai-pantai diatas, masih banyak pantai pantai lain yang terdapat di Pesisir Kalbar, salah satunya adalah pantai Batu Belat. Pantai ini terletak di sebelah selatan pantai Kura-kura yang dapat dicapai kira-kira 5 menit dengan kendaraan bermotor setelah melewati pantai Kura-kura. Lalu apa yang menarik dari pantai ini dibandingkan pantai lainnya?


Pada dasarnya pantai Batu Belat tidak memiliki perbedaan dengan pantai lainnya di pesisir barat Kalbar, namun karena lahan pantai ini dimiliki oleh perseorangan (bukan pengusaha dengan modal besar), pantai ini menjadi lebih bersifat privat. Suasana alami masih sangat terasa di pantai ini, hanya ada beberapa villa yang cukup apik tertata dan satu warung minum sederhana milik warga yang juga pemilik tanah di pantai itu.


Pantai Batu Belat dengan hamparan pasirnya yang cukup lebar relatif bersih karena pengunjungnya juga tidak terlalu ramai, lanskapnya juga masih cukup nyaman dipandang karena kurangnya fitur-fitur handmade seperti yang terdapat di Pantai Sedau (Singka Island).


Bagi yang menyenangi suasana tenang dan alami, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Kita juga bisa berenang di airnya yang membiru dengan ombak yang tidak terlalu besar.


No comments:

Post a Comment