• Petualangan dan Lingkungan

    Tuesday, November 6, 2012

    Kue Khas Pontianak

    Kota Pontianak memiliki  berbagai jenis makan yang sangat beragam, dan hampir semuanya menggunakan bahan yang alami. Pak Bondan Winarno bahkan pernah menulis di twitternya bahwa Pontianak adalah salah satu kota kuliner di Indonesia. Berbagai jenis makanan tersebut terutama dapat kita lihat pada bulan Ramadhan, mungkin 99 jenis makanan tradisional dapat kita temui pada bulan yang penuh berkah ini. Kali ini saya mencoba menulis 4 jenis makanan (kue) khas kota Pontianak.

    Pisang Goreng Pontianak

    Pisang Goreng mungkin termasuk makanan yang umum di seluruh wilayah Indonesia, tetapi mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pisang-pisang di Kalimantan Barat merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, karena itu rasa pisang gorengnya juga relatif lebih enak dari daerah lain. Pisang goreng ini mudah ditemukan di daerah Sungai Jawi. Ada juga olahan pisang yang patut anda coba, yaitu pisang bakar keju, paduan rasa pisang nipah, keju dan karamel membuat lidah menari-nari dan mungkin akan agak sulit untuk menelannya (saking enaknya! hehe). Pisang bakar ini ada di depan Bank Panin dekat jembatan tol Kapuas.

    Chai kue

    Chai kue sebenarnya adalah makanan khas masyarakat Tionghoa, Chai adalah kue yang berisi sayuran dan dimasak dengan cara dikukus. Chai kue memiliki beberapa varian, yang pernah saya coba ada yang isi bengkoang, talas yang dicampur dengan sedikit ebi halus, dan kucai. Ada juga chai kue isi rebung. Untuk kue atau adonan kulit pembungkusnya terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan sedikit tepung tapioka. Chai kue paling mudah kita temui di jalan Gadjah mada dan kebanyakan yang menjualnya adalah orang Tiong Hoa, tapi untuk orang muslim sebaiknya berhati-hati karena ada juga Chai kue yang dibuat dengan menambahkan minyak babi.

    Sotong Pangkong

    Sotong pankong adalah menu khas kota Pontianak dan satu-satunya di Indonesia (sejauh ini). Dan yang lebih khas lagi, sotong pankong akan sangat mudah di temui hanya pada waktu bulan Ramadhan. Sotong pangkong adalah sotong kering yang di panggang pada api kecil, kemudian dipukul (dipangkong dalam bahasa melayu Pontianak) hingga lunak, lalu direndam dengan sambalnya yang biasanya terbuat dari udang ebi atau kacang, cabe, gula dan air. Kombinasi sotong dan cabenya akan sangat sulit anda lupakan rasanya. Pusat kios sotong pangkong di Pontianak adalah jalan merdeka barat.

    Kue Bingke

    Kue Bingke adalah kue khas Pontianak dengan bahan dasar utamanya adalah telur. Rasanya sangat manis (mungkin kurang baik kalau anda punya masalah dengan gula), lembut dan seperti menempel di mulut. Setahu saya dulu kue bingke hanya satu jenis, yaitu yang manis saja. Tapi sekarang sudah ada variannya, seperti bingke durian, bingke asin dengan daging, dan bingke keju, dan sebagainya. Kue ini bisa anda dapatkan di jalan Adi Sucipto sekitar 700 meter dari depan gerbang Universitas Tanjungpura.

    Sebenarnya masih banyak sekali jenis kue lainnya di Pontianak, tetapi karena waktu yang terbatas, tentang kue-kue lainnya akan kita lanjutkan di tulisan berikutnya. Salam.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel