• Petualangan dan Lingkungan

    Saturday, February 8, 2014

    Tentang Perubahan Iklim dan Pemanasan Global

    Peningkatan temperatur bumi hanyalah salah satu dampak dari perubahan iklim. Berdasarkan model komputer yang digunakan ilmuan untuk mempelajari kemungkinan perubahan iklim, belahan utara seperti Kanada akan mendapatkan lebih banyak hujan, area lainnya seperti Amerika bagian Tenggara akan mengalami kekeringan yang panjang.

    Bukankah perubahan iklim sudah pernah terjadi sebelumnya?

    Pemanasan Global memang sudah pernah terjadi sebelumnya, tetapi tidak seperti saat ini. Perubahan iklim sebelumnya seperti zaman es dan kejadian pemanasan diketahui terjadi secara perlahan, dalam waktu beberapa ratus hingga ribuan tahun. Apa yang diperingatkan oleh ilmuan adalah perubahan iklim seperti yang kita lihat sekarang terjadi dalam kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sesuatu yang lebih buruk, kecepatan pemanasan global sekarang tampaknya semakin dipercepat. Sebagai contoh, saat ini dikhawatirkan bahwa lapisan es yang menutupi Antartika  dan Greenland akan segera meleleh dalam beberapa dekade kedepan - kenyataannya lapisan es tersebut telah hilang, dan lapisan es di sepanjang semenanjung Barat Antartika telah mengalami patahan besar pada tahun 2008 dan 2009 yang mengejutkan, bahkan bagi peneliti yang mempelajari masalah ini.

    Benarkah manusia adalah benar-benar penyebab utama dari terjadinya pemanasan global ini?

    Berdasarkan data yang telah di dapatkan dalam berbagai penelitian, manusia adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas perubahan iklim. Sejak dimulainya revolusi industri, manusia telah membakar begitu banyak batu bara, minyak bumi dan gas serta berbagai bahan bakar berbasis karbon, bahkan lemak paus yang digunakan untk menghangatkan rumah kita, menggerakkan kendaraan, dan sumber tenaga pabrik. Semua aktifitas tersebut menghasilkan gas seperti karbon dioksida ke lingkungan yang menyerap panas dari matahari dan menjebaknya dalam atmosfer. Milyaran orang membakar bahan bakar berbasis karbon  selama 200 tahun dan telah berdampak sangat besar terhadap atmosfer bumi.

    Tapi ada beberapa ilmuan yang mengatakan bahwa perubahan iklim hanyalah kebohongan yang dibuat untuk menggelisahkan banyak orang.

    Memang ada sejumlah ilmuan yang membantah hasil temuan para peneliti bidang iklim, dan beberapa dari mereka bahkan memiliki banyak publikasi hasil penelitian. Tetapi pendapat bersama dari orang-orang yang sangat ahli dari komunitas ilmuan internasional sepakat bahwa perubahan iklim memang nyata terjadi pada saat ini, dan kejadian tersebut disebabkan oleh aktifitas manusia. Perlu dicatat pula bahwa beberapa penentang kebenaran teori perubahan iklim sebenarnya adalah juru bicara dari kelompok yang didanai oleh industri yang keuntungannya berasal dari konsumsi bahan bakar fosil. Exxon Mobil misalnya, mereka di hujani kritik karena telah membiayai kelompok yang menolak adanya ancaman dari global warming.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel