Breaking

Saturday, April 5, 2014

Yakuza (Mafia Jepang) Meluncurkan Website

WebsiteYakuza, memutarkan lagu organisasi dan video aksi sosial anggotanya
Sindikat kejahatan terorganisir paling terkenal di Jepang, Yamaguchi-gumi telah meluncurkan sebuah website untuk meningkatkan citra mereka dan mendapatkan lebih banyak anggota. Homepage milik yakuza Yamaguchi-gumi tersebut akan menyambut pengunjung situs tersebut dengan tulisan, "Banish drugs and purify the nation league".

Homepage tersebut juga memutarkan video yang menggambarkan anggota geng berziarah ke sebuah kuil dan sebuah lagu perusahaan. Juga terdapat foto-foto lainnya yang menunjukkan kelompok tersebut sedang membantu orang-orang setelah gempa Fukushima .

Yamaguchi-gumi adalah kelompok yakuza terbesar di Jepang, seperti  mafia di Italia dan triad di Cina. Kelompok ini diduga terlibat dalam berbagai kegiatan seperti prostitusi, pemerasan dan kejahatan kerah putih. Meskipun aktifitasnya sarat dengan kejahatan, Yakuza bukan organisasi illegal. Yamaguchi -gumi memiliki kantor pusat sendiri, anggota senior organisasi tersebut bisa membagi-bagikan kartu nama .

Web tersebut tidak memiliki konteks
Para ahli percaya bahwa langkah organiasis ini dalam media digital merupakan upaya untuk menyajikan gambaran yang lebih ramah atas organisasi mereka.

Menurut laporan polisi, keanggotaan Yamaguchi-gumi semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir dan pada tahun 2013 turun hingga titik terendah dengan jumlah 60.000 orang.

Sebuah video yang diambil dengan gemetar menunjukkan anggota Yamaguchi-gumi melakukan ziarah tahun baru mereka ke kuil disertai dengan sebuah lagu yang memuji kebaikan semangat Ninkyo, gambaran ideal maskulinitas dalam pertempuran melawan ketidakadilan dan membantu yang lemah.

"Yamaguchi - gumi juga seperti semua kelompok yakuza lainnya mendapatkan uang dari aksi pemerasan, uang perlindungan, perjudian, pengembangan real estate, eksploitasi tenaga kerja, pembuangan limbah, olahraga , bisnis hiburan , dan industri nuklir," kata Jake Adelstein,  penulis sebuah buku yang akan segera diterbitkan berjudul "The Last Yakuza : A Life In The Underworld Japan".

" Website ini tidak memiliki konteks atau penyebutan secara gamblang tentang aksi kejahatan yang melibatkan mereka atau tentang industri yang mereka kontrol. Itu bukan tujuan dari situs web tersebut. Tujuan dari website tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa Yamaguchi - gumi sebenarnya adalah sebuah organisasi kemanusiaan," tambahnya .

Website Yamaguchi-gumi ini bukanlah publikasi pertama geng tersebut dalam media, tahun lalu geng ini menerbitkan sebuah majalah bagi para anggotanya yang memuat puisi, buku harian memancing anggota senior dan pesan dari bos mereka.

Website Mafia Yakuza Jepang tersebut dapat Anda kunjungi di http://zenkokumayakubokumetsudoumei.com/

Sumber :  www.bbc.com

No comments:

Post a Comment