Tumbuhan Cantik di Bukit Wangkang

Bukit Wangkang ibarat pulau biodiversitas ditengah perkebunan monokultur yang tentu saja miskin dari keanekaragaman hayati. Mungkin tidak sekaya kawasan-kawasan konservasi, apatah lagi taman-taman nasional di Pulau Kalimantan, tapi jika ingin belajar tentang keanekaragaman hayati, tempat ini mungkin patut dipertimbangkan. Selain relatif dekat dengan kota Pontianak, Bukit Wangkang juga memiliki medang yang tidak terlalu berat, kecuali jalan menuju lokasinya yang masih berupa jalan perkerasan tanah merah perkebunan.

Akhir bulan Mei kemarin, saya dan beberapa teman dari kampus menyempatkan diri untuk camping dan ngetrack ringan di Bukit Wangkang. Ada beberapa misi yang ingin saya laksanakan dalam perjalanan ini, dan salah satunya adalah mendokumentasikan tumbuhan-tumbuhan eksotis di kawasan perbukitan ini. Alhamdulillah, ternyata misi tersebut bisa saya kerjakan terlepas dari bagaimana hasilnya. Berikut ini adalah beberapa foto hasil dokumentasi tumbuhan-tumbuhan cantik di Bukit Wangkang.

rainforest flowers
Anggrek Terestrial yang tumbuh di batu dekat air
rainforest flowers
Anggrek ukuran mini dan tumbuhan fern didekatnya
Kedua gambar diatas menunjukkan spesies anggrek yang sama, Anggrek ini menarik perhatian saya karena tempat tumbuhnya di batu-batu besar di sungai kecil yang senantiasa lembab, menempel seperti tumbuhan perintis.  Populasinya tidak terlalu banyak, ada yang tumbuh sendiri, ada juga yang berkelompok. Ukuran bunganya sangat kecil sehingga harus dilihat dari dekat untuk melihat bentuk bunganya. Melihat ukurannya yang mini, anggrek ini mungkin sangat cocok untuk menghiasi terarium atau paludarium.

rainforest flowers
Anggrek Terestrial yang tumbuh di batu dekat puncak bukit
rainforest flowers
Anggrek yang tumbuh di batu, daun tebal berlilin
Spesies anggrek yang kedua diatas tumbuh di batu juga, namun di tempat yang lebih kering dan mendapatkan banyak angin serta cahaya karena berada di dekat puncak bukit yang agak terbuka. Ukuran bunga anggrek ini juga sangat kecil, berwarna putih dan tampak menarik. Daunnya tampak lebih gelap daripada jenis sebelumnya dan tampak dilapisi lilin yang lebih tebal. Tempat tumbuh anggrek ini agak sulit dijangkau karena berada pada dinding batu-batu besar yang cukup tinggi.

Selain anggrek, spesies tumbuhan lain yang berhasil saya dokumentasikan adalah tumbuhan Hoya dan tumbuhan yang daunnya seperti tumbuhan Beludru, namun saya tidak bisa memastikan identitas sebenarnya dari kedua tumbuhan tersebut, fotonya sebaga berikut,

rainforest flowers
Hoya sp

rainforest flowers
Tumbuhan dengan Daun Beludru
Demikianlah sedikit informasi tentang tumbuhan-tumbuhan cantik di Bukit Wangkang Kubu Raya yang berhasil saya dokumentasikan, semoga bisa  menghibur, apalagi bisa memberikan informasi.
Terimakasih.


Post a Comment for "Tumbuhan Cantik di Bukit Wangkang"