Breaking

Tuesday, January 28, 2014

Bawang Putih, Bumbu Penguat Immunitas Tubuh

Bawang putih pada awalnya adalah bahan obat-obatan tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu di Cina. Dikarenakan aromanya yang khas dan menggugah selera, bawang putih kemudian dijadikan salah satu bumbu masak. Salah satu yang terpenting saat ini.

Jadi bawang putih sebenarnya adalah obat, yang ternyata adalah bumbu nomor satu yang dapat meningkatan sistem kekebalan tubuh. Kenapa?

1. Bawang putih adalah suatu paket phytochemical dan komponen sulfur penyembuhan. Senyawa sulfur ini dapat bereaksi dengan logam berat beracun (seperti lead & kadmium), mengikat mereka untuk kemudian diekskresikan keluar dari tubuh.
2. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, anti-jamur, bahkan antivirus, ,
3. Bawang putih mendorong pertumbuhan mikroflora usus yang sehat
4. Bawang putih membantu menjaga lemak dari proses oksidasi.
5. Bawang putih berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan melawan terjadinya kerusakan DNA.
6. Melindungi tubuh kerusakan akibat radiasi dan sinar matahari.
7. Melawan cacing dan parasit
8. Bermanfaat bagi sistem pencernaan, sehingga baik untuk seluruh tubuh
9. Mengandung banyak nutrisi seperti -
Vitamin:
C, B1, B2, B3
Mineral:
Kalsium, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, zinc
Fitokimia: Allicin, beta-karoten, beta-sitosterol, asam caffeic, asam chlorogenic, dialil-disulfida, asam ferulic, geraniol, kaempferol, linalool, asam oleanolic, asam p-coumaric, phloroglucinol, asam fitat, quercetin, rutin, s- alil-sistein, saponin, asam sinapic, & stigmasterol.

Baca juga tentang Bawang Merah

2 comments:

  1. supaya fungsinya tetap baik, gimana caranya? hilang ndak fungsinya klo digoreng?

    ReplyDelete
  2. Sebagian besar manfaat kesehatan dari bawang putih berasal dari zat yang disebut allicin. Senyawa penangkal kanker dan penyakit jantung ini dan dibentuk dari bawang putih ketika terjadi kontak antara senyawa yang disebut Alliin dengan enzim Alliinase bawang putih ketika bawang putih mentah dipotong, dihancurkan atau dikunyah. Ketika bawang putih dipanaskan atau dimasak, alliinase menjadi tidak aktif sehingga akan mencegah pembentukan Allicin. Akibatnya, memasak bawang putih menurunkan banyak manfaat kesehatan (menurut American Academy of Family Physicians).

    ReplyDelete

Adbox