Breaking

Saturday, January 10, 2015

Pilihan Lokasi Hiking Sekitar Pontianak

Dalam beberapa minggu terakhir pemuda-pemudi di Kalimantan Barat, khususnya di wilayah pantai barat dan utara di ramaikan dengan perbincangan tentang Bukit Jamur. Berdasarkan dokumentasi yang diambil beberapa orang dari atas bukit tersebut, Bukit Jamur memang memiliki pemandangan yang memukau. Berdiri diatasnya serasa berada diatas ketinggian 2000 mdpl, padahal tinggi sesungguhnya adalah sekitar 700 mdpl.

Jika kamu senang dengan kegiatan hiking atau camping, bukit ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Bonusnya tentu saja pemandangan yang indah tersebut. Namun apakah masyarakat pesisir Kalimantan Barat mulai dari Pontianak hingga Sambas hanya punya Bukit Jamur? Sebenarnya ada banyak bukit atau gunung yang dekat dengan Pontianak dan sekitarnya dan relatif tidak sulit untuk didaki. Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa gunung atau bukit tersebut.

Gunung/Bukit Ambawang

Gunung atau disebut juga Bukit Ambawang terletak di Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya. Gunung ini berketinggian sekitar 400 mdpl, meskipun tidak tinggi, puncak gunung Ambawang relatif sering diselimuti kabut tebal. Untuk yang senang dengan petualangan, gunung Ambawang bisa jadi salah satu tempat pilihan untuk hiking. Bagian puncak gunung Ambawang cukup terbuka sehingga kita bisa melihat pemandangan yang indah dari atasnya. Menurut masyarakat setempat kita bisa melihat sebagian kota Pontianak jika cuacanya cerah.
Di gunung ini juga terdapat air terjun yang disebut air terjun Bujang Bahar dan objek wisata Batu Wangkang.
Rute untuk untuk mencapai Gunung Ambawang adalah dari Pontianak menuju Rasau Jaya, sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melayani rute menujut Gunung Ambawang. Dari Rasau Jaya menyeberang sungai dengan sampan bermotor. Selanjutnya mengikuti jalan desa dan jalan perkebunan kelapa sawit. Karena jalan desa dan kebun, agak sulit untuk mencari objek untuk orientasi, karena itu anda harus sering-sering bertanya kepada penduduk sekitar untuk sampai ke desa yang berada di kaki gunung. Dari kaki gunung pendakian dimulai melalui jalur yang relatif jelas, jika takut tersesat, sebaiknya ajak orang yang sudah cukup mengenal dengan baik lokasi Gunung Ambawang.

Pemandangan dari Puncak Gunung (Bukit) Ambawang (Dok. Agus Jawirshit)

Gunung Pasi

Gunung Passi termasuk dalam kawasan Cagar Alam Raya Passi, secara administratif termasuk dalam kecamatan Pajintan. Ketinggian Gunung Pasi sekitar 770 mdpl. Hampir keseluruhan permukaan Gunung Pasi ditutupi hutan tropis basah yang lebab, termasuk bagian puncak. Namun terdapat beberapa titik yang agak terbuka jika kita ingin melihat pemandangan Kota Singkawang dari atas. Untuk mencapai Gunung Pasi, dari Singkawang naik angkutan desa di simpang Polres Singkawang timur menuju desa Sagatani. Dari desa Sagatani, pendakian mulai dilakukan dengan jalur yang sudah ada. Untuk sampai ke puncak diperlukan waktu 4-5 jam.
Baca juga: Mendaki Gunung Pasi Singkawang

Gunung Pasi, Tampak dari Sagatani (Dok. Delyanet)

Gunung Poteng dan Raya

Sama dengan Gunung Pasi, Gunung Poteng dan Gunung Raya termasuk dalam kawasan Cagar Alam Raya Pasi. Gunung Poteng memiliki puncak dengan ketingginan 725 mdl dengan bentuk yang unik, yaitu menyerupai jempol. Bagian puncak relatif terbuka sehingga memungkinkan kita untuk melihat pemandangan. Jalur pendakian sangat jelas dan relatif mudah untuk dilalui. Waktu pendakian untuk sampai ke puncak sekitar 2-3 jam.

Gunung Raya memiliki ketinggian 947 meter dengan permukaan yang tertutup vegetasi yang sangat rapat. Jalur pendakian Gunung Raya relatif terjal dengan tingkat kesulitan yang agak tinggi. Waktu pendakian sekitar 6 jam mulai dari camp kolam di Poteng dan Raya.
Untuk mencapai kaki Gunung Poteng dan Gunung Raya bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal bis Kota Singkawang trayek Bengkayang, turun di simpang tiga dusun Sylva Poteng. Dari simpang tiga, perjalan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju kolam. Jika menggunakan kendaran pribadi (mobil/motor), anda bisa langsung menuju kolam (wisma) dan memarkirkan kendaraan di rumah masyarakat setempat.

Tugu Triangulasi Puncak Gunung Raya Singkawang (Dok. Mapala Untan)

Gunung Bawang

Gunung Bawang dengan ketinggian 1460 mdpl berada di  Dusun Sengkabang, Desa Suka Bangun, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang. Kondisi hutan Gunung Bawang termasuk masih alami walaupun mungkin banyak juga sampah yang bisa dilihat sepanjang jalur pendakian. Pendakian membutuhkan waktu sekitar 8-9 jam dari kaki gunung. Puncak Gunung Bawang adalah puncak yang terbuka, sehingga pendaki bisa melihat pemandangan yang luas dengan gumpalan awan berada di bawah.

Dari Pontianak, untuk mencapai Gunung Bawang bisa menggunakan bis umum jurusan Bengkayang. Dari bengkayang perjalanan dilanjutkan menuju desa terdekat, yaitu Desa Madi yang dapat dicapai dalam waktu 2 jam. Dari Desa Madi perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju shelter di kaki gunung. Dari shelter di kaki gunung pendakian dimulai.

Pemandangan dari Puncak Gunung Bawang (Dok. Mapala Untan)
Demikianlah sedikit informasi tentang gunung atau bukit disekitar daerah pesisir barat dan utara Kalimantan Barat ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Salam.

6 comments:

  1. Replies
    1. tempat2nye emang keren2 kak, mungkin banyak yang tahu, tapi kayaknye belum banyak yang sadar... :)

      Delete
  2. kapaaaan??yooklaaah...cepat balek..cepat qt bpetualang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. in sya Allah jani same adx pulang nti kite menjelajah kak... :D

      Delete
  3. Gan mau tanya
    Untuk mendaki ke gunung poteng itu track nya sudah ada gan lalu tempat simpan motor gmana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunung Poteng sudah punya track yang jelas, ada penunjuk jalannya berupa tanda cat merah bentuk panah di pohon-pohon sepanjang jalur. Untuk motor bisa titip di rumah penduduk sekitar kakinya gan. Selamat mendaki.

      Delete

Adbox