Breaking

Thursday, December 4, 2014

Kebun Raya Cibodas, Hijau dan Sejuknya Alam Pegunungan

Warna hijau sejauh mata memandang dengan udara yang sejuk diiringi alunan pelan gemiricik air dapat membuat tubuh dan pikiran kita rileks, menghilangkan penat dan stress. Saat berada di tempat semacam itu, kita mungkin sempat berpikir bahwa kita sedang berada di surga. Tapi tempat seperti itu memang ada di bumi ini, Anda tidak harus buru-buru ke surga untuk menikmatinya, karena kesempatan itu pasti datang tanpa kita duga-duga -rasanya agak seram ya..

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat yang dapat kita nikmati untuk mencicipi sedikit gambaran surga yang Allah SWT letakkan di Bumi. Kebun raya yang terletak di kaki gunung Gede Pangrango dan sekaligus menjadi pintu masuk pendakiannya berada pada ketinggian 1.500 m memiliki suhu rata-rata harian 18 derajat celcius. Kebun Raya Cibodas ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan hijau evergreen sejauh mata memandang, termasuk berbagai jenis lumut dan tumbuhan dataran tinggi lainnya. Dengan suhu udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang menyegarkan, tidak heran jika kebun raya ini selalu ramai dikunjungi, terutama warga dari Jakarta.

Lokasi dan akses
Kebun Raya Cibodas berlokasi di desa Rarahan, Kecamatan Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berjarak sekitar 85 km dari Jakarta, atau 90 menit perjalanan darat dari Bogor. Tiket masuk kawasan Kebun Raya Cibodas adalah Rp 9,500.

Koleksi
Beberapa lokasi favorit pengunjung di Kebun Raya Cibodas adalah rumah kaca (green house), Jalan Araucaria (Auracaria Avenue), Air Terjun Cibodas dan taman dan kolam air mancur.Salah satu kebun raya kebanggaan Indonesia ini memiliki 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis. Rumah kaca yang terdapat di  Kebun Raya Cibodas berisi berbagai macam kaktus, anggrek dan tanaman langka lainnya. Terdapat sekitar 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini.

Koleksi Kaktus Kebun Raya Cibodas

Bunga Sakura
Kebun raya Cibodas juga memiliki jenis-jenis pohon dari luar Indonesia, misalnya Sakura. Sakura dapat tumbuh cukup baik di Kebun Raya Cibodas, bahkan sampai berbunga. Karena itu, jika Anda ingin melihat bunga sakura, tidak harus ke Jepang, Anda dapat melihatnya di Kebun Raya Cibodas pada bulan-bulan Januari-Fabruari dan Juli-Agustus. Pohon Sakura ini dapat Anda temui tidak jauh dari pintu gerbang masuk kebun raya, di dekat Guest House, dan Taman Sakura.

2 comments: