• Petualangan dan Lingkungan

    Friday, March 14, 2014

    Bushcraft ilmu dari para pendahulu

    Survival adalah salah satu istilah yang cukup umum kita dengar pada saat ini, apalagi bagi orang-orang yang aktif melakukan kegiatan di alam bebas. Secara ringkas, istilah survival memiliki arti usaha untuk bertahan hidup dari kondisi yang tidak terduga secara luas.
    Secara luas berarti semua kondisi tidak terduga mengancam keselamatan kita, misalnya kondisi saat selamat dari kecelakaan pesawat setelah jatuh di tempat yang tidak dikenal (hutan), kapal karam, saat terjadi gempa bumi, atau gunung meletus. Secara lamanya waktu, survival dilakukan dalam waktu singkat.

    Bagaimana dengan istilah Bushcraft? Apakah istilah ini familiar di daftar kata-kata Anda? Rasanya istilah ini sangat baru di Indonesia. Mengutip dari tulisan Jeff Simamora dalam blognya, Bushcraft memiliki pengertian keahlian untuk bertahan hidup di alam bebas yang termasuk didalamnya kemampuan dasar survival seperti cara-cara mendapatkan air dan makanan, membuat shelter, menyalakan api, navigasi, membuat sinyal, membuat peralatan untuk mempermudah kerja seperti tombak, pisau, dan alat masak, juga mencakup pengetahuan tanaman edible dan atau obat-obatan dll. Bushcraft sebenarnya telah ada sejak zaman dahulu ini, bahkan di Indonesia. Ilmu ini adalah warisan dari para pendahulu kita.

    Dengan pengertian tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa bushcraft adalah inti dari survival, karena semua yang dipelajari dalam bushcraft dapat digunakan dalam aktifitas survival.

    Apakah Anda tertarik untuk mempelajari Bushcraft? Untungnya, saat ini sudah ada orang-orang yang sudah mempelajari Bushcraft dan mereka memiliki wadah untuk mempelajari ilmu ini. Jika benar-benar tertarik Anda dapat bergabung dengan grup facebook Bushcraft dan Survival Indonesia. Anda juga dapat ilmu dan tekhnik Bushcraft di blog http://bushcraftindonesia.wordpress.com/

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel