Wednesday, March 25, 2020

Mengenal Virus Hanta (Hantavirus)

Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) adalah penyakit pernapasan yang parah, kadang fatal, pada manusia yang disebabkan oleh infeksi hantavirus.

Siapa pun yang bersentuhan dengan tikus yang membawa hantavirus beresiko terkena HPS. Adanya hewan pengerat di dalam dan sekitar rumah tetap menjadi risiko utama paparan hantavirus. Bahkan orang sehat pun berisiko terkena infeksi HPS jika terpapar virus.


Di Chili dan Argentina, kasus yang jarang terjadi penularan dari orang ke orang terjadi di antara kontak dekat seseorang yang sakit dengan jenis hantavirus yang disebut virus Andes.

Tanda & Gejala

Karena sedikitnya jumlah kasus HPS yang terjadi di dunia, “waktu inkubasi” tidak diketahui secara pasti. Namun, berdasarkan informasi yang terbatas, tampak bahwa gejala dapat berkembang antara 1 dan 8 minggu setelah terpapar urin segar, kotoran, atau air liur dari tikus yang terinfeksi.

Gejala Dini
Gejala awal termasuk kelelahan, demam, dan nyeri otot, terutama pada kelompok otot besar — paha, pinggul, punggung, dan terkadang bahu. Gejala-gejala ini bersifat universal.
Mungkin juga ada sakit kepala, pusing, kedinginan, dan masalah perut, seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut. Sekitar setengah dari semua pasien HPS mengalami gejala-gejala ini.

Gejala Kemudian
Empat hingga 10 hari setelah fase awal penyakit, gejala HPS yang lebih lambat muncul. Gejala ini termasuk batuk dan sesak napas, dengan sensasi, seperti yang diceritakan oleh seorang yang selamat, "... pita ketat di dada saya dan bantal menutupi wajah saya" ketika paru-paru dipenuhi cairan.

Apakah Penyakitnya Fatal?
Iya. HPS bisa berakibat fatal. Ia memiliki tingkat kematian 38%.

Bagaimana Orang Terinfeksi Hantavirus

Sebelum muncul di Cina beberapa hari belakangan, Hantavirus sudah dikenal di Amerika Serikat. Virus Hanta dibawa oleh tikus rusa bersama dengan tikus kapas dan tikus padi di negara bagian tenggara dan tikus putih di Timur Laut. Hewan pengerat menumpahkan virus ke dalam urin, kotoran, dan air liur mereka. Virus ini terutama ditularkan kepada orang-orang ketika mereka menghirup udara yang terkontaminasi oleh virus.

Ketika urin hewan pengerat, kotoran, atau bahan bersarang terganggu, tetesan kecil yang mengandung virus dapat terangkat ke udara. Proses ini dikenal sebagai "transmisi udara".

Ada beberapa cara lain tikus dapat menyebarkan hantavirus kepada orang-orang:
  • Jika tikus dengan virus menggigit seseorang, virus mungkin menyebar ke orang itu, tetapi jenis penularannya jarang terjadi.
  • Para ilmuwan percaya bahwa orang mungkin bisa terinfeksi virus ini jika mereka menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi dengan urin tikus, kotoran, atau air liur, dan kemudian menyentuh hidung atau mulut mereka.
  • Para ilmuwan juga menduga orang bisa jatuh sakit jika mereka makan makanan yang terkontaminasi oleh urin, kotoran, atau air liur dari tikus yang terinfeksi.
Hantavirus yang menyebabkan penyakit manusia di Amerika Serikat tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Misalnya, Anda tidak bisa mendapatkan virus ini dari menyentuh atau mencium seseorang yang menderita HPS atau dari petugas kesehatan yang telah merawat seseorang dengan penyakit tersebut.

Di Chili dan Argentina, kasus yang jarang terjadi penularan dari orang ke orang terjadi di antara kontak dekat seseorang yang sakit dengan jenis hantavirus yang disebut virus Andes.

Pencegahan

Hilangkan atau minimalkan kontak dengan tikus di rumah dan tempat kerja. Tutup lubang dan celah di rumah atau garasi Anda. Tempatkan jebakan di dan sekitar rumah Anda untuk mengurangi serangan tikus. Simpan makanan pada tempat benar-benar aman.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak orang yang menderita HPS karena intensitas kontak yang tinggi dengan tikus dan / atau kotorannya di sekitar rumah atau tempat kerja. Di sisi lain, banyak orang yang jatuh sakit melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak melihat tikus atau tikus. Karena itu, jika Anda tinggal di daerah di mana hewan pengerat diketahui hidup, cobalah untuk menjaga rumah, tempat liburan, tempat kerja, atau sekolah di lingkunga Anda bersih.

No comments:

Post a Comment