Breaking

Tuesday, February 25, 2014

Gunung Makita Puncak Pulau Kalimantan

Pada tahun 2008, seorang penggiat alam bebas di Indonesia mengusulkan sebuah konsep tentang Tujuh Puncak Indonesia (Indonesian Even Summit). Mengikuti konsep Seven Summit dunia. Konsep Seven Summits versi indonesia ini memiliki daftar sebagai berikut:

1. Pucak Cartenz Pyramid 4.884 mdpl, Pegunungan Sudirman, Papua
2. Gunung Binaiya 3.027 mdpl, Maluku
3. Puncak Rantemario 3.478 mdpl, Gunung Latimojong, Sulawesi
4. Bukit Raya 2.278 mdpl, Pegunungan Muller, Kalimantan
5. Gunung Rinjani, 3.726 mdpl, Nusa Tenggara dan Bali
6. Puncak Mahameru 3.676 mdpl, Gunung Semeru, Jawa
7. Puncak Indrapura 3.800 mdpl, Gunung Kerinci, Sumatera

Ternyata, bisa jadi ada sebuah kesalahan dalam penetapan puncak-puncak tertinggi di setiap pulau di Indonesia ini, kesalahan tersebut adalah pada Puncak tertinggi di Kalimantan. Dalam daftar tersebut, Puncak Tertinggi di Kalimantan adalah BUkit Raya dengan tinggi 2278 mdpl. Namun, berdasarkan literatur dari buku Ekologi Kalimantan, puncak tertinggi pulau terbesar kedua di Indonesia ini bukan Bukit Raya.

Berdasarkan buku Ekologi Kalimantan yang di tulis oleh MacKinnon dkk, gunung tertinggi di Kalimantan adalah Gunung Makita 2987 mdpl.

Menurut MacKinnon, hanya ada beberapa gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 2500 mdpl di Borneo, tiga diantaranya berada di Sabah: G. Kinabalu dengan tinggi 4.101 mdpl yang merupakan gunung tertinggi di Borneo, G. Trus Madi (2.597 mdpl), serta gunung Tambuyukon (2.576 mdpl) dalam jajaran pegunungan Crocker. Gunung Makita (Batu Ikeng) dengan ketinggian  2.987 mdpl adalah gunung kedua tertinggi di Borneo, sekaligus gunung tertinggi di Kalimantan. Karena itu, seharusnya Gunung Makita menjadi salah satu Seven Summits of Indonesia mewakili pulau Kalimantan. Gunung tertinggi kedua di Kalimanatan adalah Gunung Siho dengan ketinggian 2.574 mdpl, gunung ini berada di dalam kawasan Cagar Alam Kayan Mentarang.

Mengingat sumber referensi tengan gunung di Kalimantan ini memiliki sumber yang relatif cukup kuat berdasarkan penelitian bertahun-tahun, maka informasi ini bisa dipercaya. Namun, tidak ada yang sempurna, bisa jadi ketinggian gunung Makita ini benar, bisa jadi juga tidak benar, kita bisa menunggu kebenarannya, kita juga bisa mencari sendiri. Tapi sebaiknya mari sama-sama mencari kebenarannya.

Jadi, bagi para pendaki yang sedang berencana untuk menjadi Seven Summiters of Indonesian Mountain, pekerjaan yang menanti, mungkin mencari data baru tentang Gunung Makita ini, atau mungkin merubah daftar gunung yang ingin didaki.

2 comments:

  1. Gila mantap banget yaa kalo hiking ke puncak gunung Kinabalu, mantap banget deh.. cita2 ane tahun ini nih

    ReplyDelete
  2. Duh emang deh yaa Indonesia tuh punya warisan alam yg bikin semua negara ngiri, gunungnya banyak banget yg bisa kita jelajah bro

    ReplyDelete

Adbox