Breaking

Saturday, August 4, 2012

Pantai Gosong, Bengkayang

Obek wisata pantai gosong bengkayang
Perkebunan Kelapa Pantai

Pantai Gosong, adalah sebuah pantai yang berada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Dari namanya yang Gosong, mungkin anda akan berpikir kalau pantai ini hitam semua. Kenyataannya, sebenarnya pantainya tidak gosong (lagi), alkisah menurut cerita yang beredar di masyarakat, Pantai Gosong pernah mengalami kebakaran beberapa tahun silam. Karena itu pantai tersebut dinamai demikian.

Letak yang dekat dengan muara sungai  menjadikan air laut di Pantai Gosong sangat keruh berwarna abu pekat, mungkin banyak orang yang tahu dengan pantai ini, namun mungkin hanya sedikit orang yang pernah menjambanginya. Kondisi air yang berlumpur menjadi satu alasan utama kenapa masyarakat enggan untuk berekreasi di pantai ini, karena kita tidak bisa menikmati air laut sambil berenang, kecuali anda suka dengan air asin yang berlumpur.

Selain berlumpur, pantai ini juga dikenal sebagai pantai yang angker. Beberapa kejadian aneh memang pernah terjadi di pantai ini. Lingkungannya yang masih sangat alami khas pedesaan nelayan dan jumlah kunjungan manusia yang relatif jarang, membuat suasana pantai ini agak mencekam pada saat-saat tertentu. Suasana ini juga didukung oleh keberadaan dua kompleks pemakaman, yaitu pemakaman muslim dan tionghoa. Namun jika kita tidak neko-neko dan tidak berpikir yang bukan-bukan, in sya Allah tidak akan ada masalah.

Pantai berpasir di pantai gosong bengkayang
Pantai Berpasir Pantai Gosong

Nama Pantai Gosong sendiri diberikan kepada pantai di kaki Bukit Bunga karena kawasan ini pernah terbakar dan menyisakan hutan yang menjadi arang. Jika kamu menyempatkan untuk singgah ke pantai ini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang  cukup indah. Kurangnya pengunjung ke pantai ini menjadikan kawasan Pantai Gosong relatif lebih bersih dari sampah-sampah plastik.

Pantai Gosong Kecamatan Sungai Raya Bengkayang
Nelayan Pantai Gosong
Walaupun tidak memungkinkan untuk berenang, kita dapat menyaksikan pemandangan pantai dan perkebunan kelapa yang luas dipantai ini. Pohon-pohon kelapa yang tumbuh cukup rapat, pondok-pondok penyalaian kelapa, perahu-perahu nelayan setempat, serta rumah penduduk menghadirkan suasana perkampungan nelayan yang tenang. Pantai ini dapat menjadi tujuan rekreasi bagi yang membutukan tempat yang tenang.

Kawasan pantai Gosong setiap tahunnya digunakan oleh banyak pelajar dan mahasiswa pencinta alam dari seluruh kawasan pesisir  Kalimantan Barat dari Pontianak hingga Singkawang untuk proses pengakaderan mereka. Kondisi yang jarang pengunjung mungkin adalah salah satu alasan kenapa tempat ini menjadi pilihan utama organisasi-organisai tersebut. Namun yang menjadi alasan utama sebenarnya adalah keberadaan Bukit Bunga dimana terdapat Tebing Bunga di salah satu sisi bukit tersebut. Tebing batu ini sangat sering menjadi objek pemanjatan oleh pencinta alam di sekitar pantai barat Kalimantan Barat.

Olah raga panjat tebing di pantai gosong sungai raya bengkayang
Aktifitas panjat tebing di Tebing Bunga Pantai Gosong


2 comments:

  1. baru tahu ada kabupaten namanya bengkayang. padahal bagus ya pemandangannya. kalo dieksplor bisa mendatangkan wisatawan dari luar daerah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru sadar mbak ila udah mampir... iya mbak, seperti banyak di daerah lain, nama2 kabupaten memang banyak yang unik2.... kabupaten bengkayang memang merupakan salah satu kabupaten dengan potensi wisata yang relatif banyak, hanya saja belum di eksplor dan dikembangkan dengan serius... :)

      Delete