• Petualangan dan Lingkungan

    Thursday, July 4, 2013

    Gunung-gunung di Kalimantan Barat

    Beberapa kali ngobrol dengan teman pendaki gunung dari pulau Jawa, hampir semuanya berpendapat bahwa tidak ada gunung di Kalimantan. Saat saya katakan ada gunung pun mereka agak sangsi. Tapi, benarkah di Kalimantan ada bentuk muka bumi yang dikenal sebagai gunung? Kalau menurut saya, kita harus menilik kembali apa yang disebut sebagai gunung. Literatur yang paling mudah saya temui adalah Encyclopædia Britannica (EB) dalam Wikipedia yang menyatakan bahwa gunung adalah bentuk permukaan bumi yang lebih menonjol dari sekitarnya dengan ketinggian minimal 2000 kaki atau 600 meter. Jadi, berdasarkan EB Kalimantan memiliki banyak gunung juga.
    Baca juga: Trekking dan Berinteraksi dengan Alam Bebas
    Lalu, gunung apa yang ada di Kalimantan? Sebagai sedikit informasi buat teman-teman pendaki yang mungkin tertarik dengan petualangan di Kalimantan, berikut ini adalah daftar beberapa gunung yang ada di Kalimantan Barat, karena saya berasal dari sana, untuk Kalimantan yang lain insya Allah akan kita bahas di kesempatan yang lain.

    Gunung Palung 1.116 mdpl


    Gunung Palung atau Gunung Panti, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palong. Secara administrasi termasuk dalam wilayah kabupaten Kayong Utara. Gunung Palong memiliki karakter yang unik, karena memiliki ekosistem yang cukup lengkap mulai dari ekosistem pantai di kakinya hingga pegunungan tinggi di puncaknya. Jika datang ke taman nasional ini untuk mendaki gunung, kita bisa sekalian melihat habitat orang utan yang asli di sini.
    Rute Transport:
    Pontianak - Sukadana, bisa menggunakan speedboat langsung ke dermaga di Sukadana.
    Sukadana - Taman Nasional, bisa lewat jalur sungai dengan speedboat, bisa dengan berjalan kaki. 
    Didalam taman nasional terdapat camp penelitian Cabang Panti. Di Gunung Palong terdapat dua puncak, yaitu puncak Palong dan Puncak Panti. Persimpangan pendakian ini terletak di camp penelitian ini.

    Pegunungan Muller 

    Jalur Menuju Pegunungan Muller harus dilalui lewat air. Dok. Marcel Alveri
    Terdiri dari Gunung Betung, Gunung Kerihun 1.790 mdpl, Gunung Tunggal 1.120 mdpl, Gunung Lawit 1.770 mdpl, Gunung Batu 1.410 mdpl, Gunung Cemaru 1.180 mdpl. Barisan pegunungan ini dijuluki sebagai Heart of Borneo, merupakan salah satu kantong megabiodiversitas di dunia selain Amazon dan Papua. Seluruh kawasan pegunungan ini termasuk kedalam Taman Nasional Betung Kerihun. Jantung Borneo ini merupakan sebuah surga petualangan yang hanya sedikit sekali orang pernah menjajalnya. Beberapa kegiatan alam bebas yang bisa dilakukan disini yaitu pendakian gunung, panjat tebing alam, susur gua (masih banyak gua yang belum di eksplorasi), dan arung jeram.
    Rute transportasi:
    Pontianak - Putussibau, bisa menggunakan bus (18 jam) atau menggunakan pesawat perintis (1,5-2 jam). Dari Putussibau perjalanan selanjutnya menggunakan speedboat dan longboat, untuk ke wilayah timur (Gunung Cemaru, Gunung Betung) kita harus melintasi sungai Sibau kearah hulu. Untuk ke arah utara (Gunung Betung dan  gunung Lawit, kita dapat melintasi sungai Mendalam ke arah  hulu.

    Pegunungan Niut: 

    Pegunungan Niut, Bengkayang. Dok. Ega Tiara
    Terdiri dari Gunung Niut, Gunung Serang, Gunung Penrissen. Pegunungan Niut terdiri dari beberapa puncak yang tingginya rata-rata 1500 mdpl. Pegunungan ini termasuk dalam Cagar Alam Niut Penrissen yang bagian utaranya berbatasan dengan Malaysia. Pegunungan ini memiliki kekayaan biodiversitas yang melimpah, terutama anggrek.
    Rute Transportasi:
    Pontianak - Bengkayang, menggunakan bus selama 5-6 jam,
    Bengkayang - Desa Dawar, menggunakan bus 2-3 jam.
    Dari desa dawar kita bisa meminta guide dari warga masyarakat di desa ini. Lebih mudahnya pendaki dapat mendatangi rumah Bapak Atta (Anggota Kehormatan Mapala Untan) yang merupakan camp pendaki yang biasanya digunakan pendaki untuk bermalam dan mempersiapkan pendakian. Dari desa ini kita tinggal menyampaikan akan mendaki gunung yang mana.
    Baca juga:

    Pegunungan Schwaner

    Pegunungan Schwaner. Dok. Hatifah/LN

    Terdiri dari Bukit Panjake 1.450 m dpl, Bukit Lesung 1.600 m dpl, Bukit Panjing 1.620 m dpl, Bukit Baka 1.617 m dpl, Bukit Melabanbun 1.850 m dpl, Bukit Asing 1.750 m dpl, dan Bukit Raya 2.278 m dpl. Bukit Raya saat ini di populerkan sebagai salah satu dari 7 puncak Indonesia. Pegunungan ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, sebagian dari taman nasional ini berada di wilayah Kalimantan Barat dan sebagian lagi ada di Kalimantan Tengah.

    Gunung Cabang, Pulau Karimata. Dok. Mapala Untan
    Sebenarnya masih banyak sekali gunung-gunungnya, misalnya Gunung Cabang, 1030 mdpl di Pulau Karimata, Gunung Bawang, Gunung Rumput, Gunung Piyabung, Gunung Saran, Gunung Biwa, dan Gunung Berangin. Tapi berhubung sayanya udah lowbatt, kita lanjut di kesempatan yang akan datang. Akhir kata, semoga bermanfaat. Wassalam.

    4 comments:

    1. Replies
      1. wah, rumahnya di desa mana mas Afryza? udah pernah ke Bukit Baka ya, saya pengen juga kesana, in sya Allah mudah-mudahan ada rezeki..

        Delete
    2. Nice artikel, menambah database pengetahuan mengenai kondisi alam di Kalimantan Barat. :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terimakasih bang, mudah2n kita bisa mengumpulkan lebih banyak data tentang Kalimantan Barat, jadi tidak terendap dan menjadi terlihat.. :)

        Delete

    Fashion

    Beauty

    Travel