Breaking

Sunday, August 11, 2013

Mike Libecki: Adventurers of The Year 2013

Mike Libecki dalam xpdc pemanjatan Batu Daya
(Kredit foto: aaj.americanalpineclub.org)
Baru saja membaca cerita tentang Mike Libecki, mungkin bisa kita sebut seorang petualang sejati. Kenapa demikian, berdasarkan artikel yang saya baca di National Geographic, yang menjadi motivasi orang ini adalah "Untouched, unexplored, mystery, and wilderness". Apa yang memotivasi dia adalah yang belum tersentuh, yang masih misteri bagi banyak orang. Petualangan-petualangan yang belum pernah dilakukan oleh orang-orang sebelum dia.

Satu bagian yang menarik bagi saya adalah pada tahun 2011 di telah menjamah salah satu bukit batu yang cukup dikenal secara internasional sebagai tebing panjat yang sangat menantang dan menggoda bagi penggiat panjat tebing. Memang tebing ini sebenarnya telah sering di panjat oleh pemanjat Indonesia, tapi mungkin masih jarang dipanjat oleh orang-orang dari barat. Kenapa berita menarik? Karena saya dari Kalimantan Barat, dan kenyataannya menurut saya Kalbar tidak kalah menarik bagi orang-orang yang menggilai petualangan.

Kembali ke Mr. Libecki, salah satu petikan wawancara NatGeo menyatakan bahwa sebelum dia mendapatkan sponsor untuk xpdc-xpdc-nya dia membiayai sendiri petualangannya. Setiap tahun untuk xpdc-nya dia menghabiskan $20.000, itu setara dengan Rp.200juta yang diambil dari kartu kreditnya (sebaiknya bertualang dengan hutang tidak kita tiru). Saat pulang ke rumah dia akan bekerja sepanjang musim untuk membayar hutang tersebut. Demikian terus berulang setiap tahunnya. Cerita ini mengingatkan saya kepada seorang teman dari Denmark yang seorang traveler, dia bekerja keras di negerinya mengumpulkan uang untuk mempersiapkan perjalanannya, dia bersedia mengerjakan apa saja yang sah (halal kalau untuk muslim). Dia bercerita bahwa dia pernah menjadi cleaning service dan sebagainya. Satu hal yang menjadi catatan saya adalah, kurs mata uang orang asia bisa dikatakan jauh lebih kecil dari mata uang mereka di Eropa dan Amerika, karena itu mungkin tidak terlalu sulit bagi mereka untuk traveling ke negara-negara asia (dunia ketiga).

Kembali ke Mr. Libecki, meskipun sibuk dengan petualangannya, ia selalu memperhatikan anaknya. Sebagai seorang single parent dia sangat menyayangi anaknya, bahkan dia masih menyempatkan diri untuk menemani anaknya saat kemah musim panas (hal yang sangat baik untuk kita contoh).

Beberapa xpdc yang pernah di lakukan oleh National Geographic Adventurers of The Year 2013 ini yaitu:

  • Pemanjatan Bukit Batu Daya, Kalbar, Indonesia,
  • Snowboarding  di Gunung Avalanche-prone Koh-e Baba dan kite skied di danau gunung tersebut, Afganistas.
  • Paddleboarded di Franz Josef Land, Rusia. Disini di juga memanjat puncak yang belum pernah dipanjat.
  • Pemanjatan marathon 60 jam monolith di Greenland.
  • Pendakian Gunung Cordillera, Filipina.
  • November ini dia akan melakukan xpdc ke Antartika bersama National Geographic, ini merupakan perjalanannya yang ke empat kali ke bawah dunia.


Semoga bisa menginspirasi.

Sumber:http://adventure.nationalgeographic.com/

No comments:

Post a Comment

Adbox