Breaking

Wednesday, April 29, 2015

10 Pohon-pohon Paling Luar Biasa di Dunia

Mereka adalah alveoli dari tubuh yang disebut sebagai bumi, mereka menangkap karbondioksida dan memberikan oksigen sebagai gantinya, mereka punya andil dalam membuat bumi ini sejuk dan layak kita huni. Mereka adalah pohon. Pohon adalah satu dari banyak hal luar biasa dari bumi yang kita cintai ini. Beberapa diantara pohon-pohon tersebut bahkan ada yang begitu luar biasa hingga mungkin sulit untuk dipercayai, tapi mereka nyata.

Berikut ini adalah cerita tentang 10 Pohon Paling Luar Biasa yang ada di muka bumi kita ini.

1. Metusalah - Pohon Tertua di Dunia

Bristle Pine Kredit Rick Goldwaser/Flickr
Metusalah dianggap sebagai pohon tertua di dunia, Metusalah adalah pinus bristlecone kuno yang hidup pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut di Inyo National Forest, California. Pohon ini tersembunyi di antara pohon-pohon sejenisnya dalam hutan Kuno Bristlecone Pine Forest dari White Mountains, diperkirakan Metusalah berumur sekitar 5.000 tahun. Untuk perlindungan terhadap pohon luar biasa ini, lokasi keberadaannnya dirahasiakan oleh dinas kehutanan - yang berarti bahwa tidak ada orang yang tahu pasti seperti apa penampakan Metusalah, tapi pinus bristlecone kuno dapat digambarkan seperti foto di atas.

 2. Jomon Sugi

Jomon Sugi Kredit: Matius Bednarik/Flickr
Jomon Sugi memiliki tinggi hingga 83 kaki dan ketebalan 53 kaki, Jomon Sugi adalah tumbuhan konifer terbesar di Jepang. Cryptomeria japonica ini tumbuh di hutan tua yang berkabut di ketinggian 4.200 kaki di sisi utara gunung tertinggi di pulau Yakushima. Berdasarkan analisis sampel dan ukurannya, pohon ini diperkiraan berusia antara 2.170 hingga 7.200 tahun. Jika anda ingin melihat pohon ini, anda bisa berjalan kaki selama empat sampai lima jam setiap jalan.

3. Hyperion - Pohon Tertinggi di Dunia

Hyperion Kredit M. D. Vaden Landscape dan YouTube
Hyperion adalah pohon hidup yang tertinggi di dunia, menjulang hingga 379,1 kaki, pohon jenis redwood pantai ini(Sequoia sempervirens) ditemukan oleh Chris Atkins dan Michael Taylor di Redwood National Park California pada tahun 2006. Hyperion adalah pohon pejuang, pohon ini dapat bertahan di atas bukit, bukan di tanah aluvial datar. Pohon ini ditemukan setelah penemuan dua pohon tertinggi dari jenis yang sama, yaitu - Helios (376,3 kaki) dan Icarus (371,2 kaki) - yang keduanya juga mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Stratosphere raksasa.

4. the Hundreds Horse Chestnut

The Hundreds Horse Chestnut, Kredit LuckyLisp/Wikimedia Commons
Terletak di lereng timur Gunung Etna di Sisilia, the Hundreds Horse Chestnut (Castagno dei Cento Cavalli) tidak hanya yang terbesar, tetapi juga pohon kastanye tertua yang dikenal  di dunia. Sweet Chestnut ini diperkirakan berumur sekitar 2.000 hingga 4.000 tahun. Keindahan raksasa ini memegang Guinness World Record untuk "Pohon dengan Diameter Paling Tebal Sepanjang Sejarah," dengan keliling 190 kaki ketika diukur pada tahun 1780, tapi sejak itu telah dipisahkan menjadi tiga bagian, dan tidak lagi memegang rekor sebagai tersebut. Pohon mendapat namanya dari sebuah legenda di mana ratu Aragon dan rekan-rekannya seratus ksatria berlindung di bawah dahan pelindung selama badai.

5. El Arbol del Tule

El Arbol del Tule, Kredit Rodolfo Araiza G. / Flickr
Setelah the Hundred Horses tidak lagi memegang rekor untuk pohon dengan diameter terbesar sepanjang sejarah, gelar tersebut kemudian dipegang oleh El Arbol del Tule, yang hidup di dalam sebuah gereja dan terjaga keamanannya di kota Santa Maria del Tule di Oaxaca , Meksiko. Cemara Montezuma (Taxodium mucronatum) ini memiliki keliling sekitar 119 kaki, dengan ketinggian hanya 37
kaki. Sekedar perbandingan dengan ketebalan tersebut, dibutuhkan 10 mobil untuk membuat lingkarang yang mengelilingi pohon ini.

6. Pir Endicott - Pohon Budidaya Tertua di Dunia

Pir Endicott, Kredit Doug Peabody
Pada tahun 1630, seorang Inggris bernama John Puritan Endicott - menjabat sebagai gubernur utama dari Massachusetts Bay Colony - menanam salah satu pohon buah dibudidayakan pertama di Amerika. Setelah menanam pohon muda pir impor dari seberang lautan tersebut, Endicott menyatakan, "Saya berharap pohon ini akan mencintai tanah dari dunia lama dan tidak diragukan lagi bahwa ketika kita tela pergi, pohon ini masih akan hidup." Ternyata memang, 385 tahun kemudian, pohon ini di klaim sebagai pohon buah budidaya tertua di Amerika Utara ... dan hingga kini pohon pir ini masih berbuah.

7. General Sherman

General Sherman, Kredit: Mike Baird/Flickr
General Sherman bukan pohon tertinggi di dunia, bukan juga pohon dengan diameter terbesar di dunia, tapi dengan tinggi mencapai 275 kaki dan diameter sebesar 25 kaki pohon ini ditaksir memiliki volum sekitar 52.513 kaki kubik. Pohon ini diperkirakan berusia 2300-2700 tahun, karena itu pohon ini termasuk salah satu pohon tertua di dunia.

8. Jaya Sri Maha Bodhi

Jaya Sri Maha Bodhi, Kredit Wikimedia Commons
Jaya Sri Maha Bodhi dianggap sebagai salah pohon paling suci di dunia oleh masyarakat Budha. Pohon beringin ini berada di Anuradhapura, Sri Lanka, dikatakan bahwa pohon ini adalah cabang selatan dari pohon Bodhi yang dulu berada di India, di mana Sang Buddha mencapai Pencerahan. Pohon ini ditanam pada tahun 288 SM, dan dengan demikian pohon ini adalah pohon hidup tertua yang pernah ditanam oleh manusia di dunia. Pohon Jaya Sri Maha Bodhi dianggap salah satu peninggalan yang paling suci umat Buddha di Sri Lanka dan dipuja dan dikunjungi oleh umat Buddha di seluruh dunia.
Wikimedia Commons

9. Old Tjikko

Old Tjikko, Kredit Karl Brodowsky/Wikimedia Commons
Tinggi Old Tjikko adalah 16 kaki, cemara Norwegia ini tumbuh di FulufjÀllet Mountains di Swedia. Pohon ini mungkin tampak kurang mengesankan saat anda melihatnya pertama kali, tetapi jangan menilai sesuatu dari sampulnya. Old Tjikko adalah pohon berusia 9.550 tahun. Old Tjikko bukan pohon tertua di planet ini, tetapi adalah yang tertua untuk pohon tunggal bertangkai klonal - yaitu beberapa individu pohon yang sebenarnya satu individu berdasarkan sistem perakarannya yang hanya satu. Selama ribuan tahun iklim tundra yang brutal terus mendera Old Tjikko dan tumbuhan sekitaranya dalam bentuk semak, tetapi karena cuaca yang hangat, semak-semak tersebut tumbuh menjadi pohon besar.

10. Pando

Pando, Kredit Scottks/Flickr
Pando (Bahasa latin untuk "Saya menyebar") bukanlah satu pohon, melainkan koloni klonal tumbuhan Quaking Aspen; dengan usia 80.000 tahun, pohon ini adalah organisme hidup tertua di dunia. Yang berada di Utah dan dijuluki ""trembling giant," koloni yang terbentuk dari pohon-pohon yang identik secara genetik ini dihubungkan oleh sistem akar tunggal yang mencakup lahan seluar 105 acre. Hebatnya lagi, dengan beberapa perkiraan, hutan sekitar pohon ini bisa saja bermuru sekitar satu juta tahun. Pando juga memegang rekor mengesankan lainnya, pohon ini memliki massa sekitar 6.615 ton, sehingga pohon ini juga menjadi organisme hidup terberat di bumi.

Itulah 10 Pohon Paling Luar Biasa yang ada di bumi ini. Terlepas dari umur dan ukurannya, semua pohon adalah organisme yang luar biasa. Mereka adalah organisme yang Tuhan ciptakan untuk menjadi penyokong utama kehidupan manusia di muka bumi ini, karena itu selayaknya kita menjaga mereka.
Baca juga:

No comments:

Post a Comment