Breaking

Monday, April 27, 2015

10 Kota Paling Terpolusi di Dunia

Hijau, namun mematikan - Chernobyl (Foto oleh Stefan Krasowski)
Dunia industri berkembang dari keinginan manusia untuk membuat hidupnya menjadi lebih mudah, namun hampir semua keinginan akan kemudahant tersebut malah membuat sebagian besar penduduk bumi menjadi kesusahan. Hal ini karena pengembangan industri yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan, terutama lingkungan perkotaan yang menjadi sangat terpolusi oleh berbagai produk sampingan dari industri yang dijalanan di dalamnya.

Beberapa kota di dunia bahkan telah mengalami polusi yang begitu parah hingga bisa dikatakan tidak layak untuk dihuni oleh manusia. Kota mana saja yang termasuk dalam kota paling terpolusi tersebut?Berikut ini adalah 10 kota paling terpolusi di dunia.

1. Linfen, Cina

Kota Linfen via Wikimedia Commons
Linfen adalah salah satu kota di dalam wilayah Republik Rakyat Cina, Provinsi Shanxi. Kota ini dihuni sekitar 3 juta jiwa. Kota ini mungkin adalah kota paling terpolusi di dunia sehubungan dengan perannya sebagai pusat dari kawasan penambangan batu bara.
Kawasan perbukitan yang mengelilingin kota Linfen adalah kawasan pertambangan batu bara yang legal maupun illegal. Tinggal di kota ini, anda tidak akan bisa menghirup udara yang tidak mengandung aroma batu bara. Karena begitu terpolusinya kota ini, pakaian yang anda jemur akan menjadi hitam bahkan sebelum mengering.

2. Tianying, Cina

Penyebab utama masalah polusi di kota Tianying adalah timah dan logam berat lainnya. Tianying terletak di timur laut wilayah Cina, merupakan sebuah kota industri besar. Sayangnya kota ini dipimpin dengan kebikakan yang kurang baik. Kota ini sebenarnya memiliki tanah yang subur, namun sekarang telah dipenuhi dengan timah. Saat ini penghuni kota Tianying berhadapan dengan berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan timah. Masalah-masalah kesehatan tersebut termasuk diantaranya penurunan tingkat kecerdasan, halusinasi, hingga kehilangan ingatan.

3. Sukinda, India

Sukinda adalah kawasan pertambangan krom dan beberapa logam berat lainnya, yang sayangnya dilakukan secara berlebihan. Hingga 97% persediaan kromium India berasal dari kota ini, menghasilkan setidaknya 30 juta ton limbah yang menggunung. Hexavalent chromium, yang merupakan zat pemicu kanker yang kuat, dapat ditemukan berlimpah di perairan terdekat kawasan kota ini.
Bahan berbaya tersebut diyakini telah memenuhi udara, tanah, dan perairan dekat tambang kota ini dan diperkirakan telah menyebabkan berbagai jenis kanker pada sekitar 2,6 juta orang.

4. Vapi, India

Sebagian besar industri nasional India beraga di kota Vapi. Air dan tanah pada kota ini telah mengalami kontaminasi berat oleh berbagai bahan kimia berbahaya dan logam berat. Air tanah pada kota ini dilaporkan mengandung merkuri hingga 96 kali lebih tinggi dari pada batas aman yang ditetapkan oleh WHO. Terpapar merkuri secara berulang dalam waktu lama bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti lemah otot, gangguan penglihatan, dan masalah syaraf. Tidak hanya masalah air dan tanah, udara di kota Vapi juga mengandung logam berat.

5. La Oroya, Peru

Kota La Oroya adalah sebuah kota pertambangan di kawasan Andes.
99 dari 100 anak di dalam kota ini memiliki konsentrasi timah lebih tinggi dari pada batas yang dapat di terima tubuh manusia. Secara keseluruhan, penghuni kota ini memiliki kandungan timah hingga 3 kali lebih tinggi dari batas normal yang ditetapakan oleh WHO. Karena tingginya polusinya timah di kota ini, jika semua aktfitas pertambangan di hentikan pada saat ini juga, maka polusi timah masih akan bertahan hingga satu abad mendatang.

6. Dzerzhinsk, Rusia

Kota ini adalah kota dengan angka harapan hidup yang sangat rendah, pria biasanya meninggal pada umur 42 tahun, sementara wanita sedikit lebih lama, yaitu 47 tahun. Mungkin banyak hal yang bisa saja menyebabkan hal ini, tetapi penyebab utama yang disepakati banyak orang adalah tingginya tingkat polusi beracun yang terdapat di kota ini.
Antara 1930 dan 1998, lebih dari 300.000 ton limbah kimia dibuang di kota Dzerzhinsk. Berhubungan dengan kontaminasi bahan kimia, kota Rusia ini memegang Rekor Guinness untuk menjadi kota paling tercemar di dunia.

7. Chernobyl, Ukraina

Mungkin anda mengira bahwa Nagasaki dan Hiroshima adalah tragedi radiasi nuklir terparah di dunia, kenyataannya, tragedi Chernobyl bisa dikatan seratus kali lebih parah dari pada kejadian di kedua kota di Jepang tadi. Melelehnya pembangkit tenaga nuklir di kota ini telah membuatnya menjadi tidak layak huni, terutama dalam radius 19 mil dari lokasi pembangkit tersebut.
Lebih dari 4000 anak di Ukraina, Belarusia dan Rusia didiagnoasa menderita kanker tiroid. Untungny, tindakan pencegahan telah dilakukan dengan cepat untuk mencegah kebocoran radiasi ini menyebabkan masalah yang lebih parah.

8. Norilsk, Rusia

Diperkirakan hingga 4 juta ton limbah logam berat dan beracun lainnya telah dilepaskan ke udara kota Norilsk. Kota ini adalah pusat peleburan logam berat terbesar di dunia. Angka kematian penduduk kota ini akibat gangguan pernafasan begitu tinggi. Jika anda datang kekota ini, anda bisa melihat bahwa dalam radius 30 mil dari pusat peleburan nikel di kota ini, anda tidak akan menemukan pohon yang hidup.

9. Sumgayit, Azerbaijan

Kawasan buangan limbah industri kota Sumgayit adalah korban lain dari kelalaian Uni Soviet. Meskipun banyak pabrik tidak beroperasi lagi, polutan yang dilepaskan saat masih beroperasi masih ada di udara sampai hari ini. Di atas itu semua, tidak ada yang bersedia untuk mengambil tanggung jawab atas 120.000 ton emisi beracun yang terus memenuhi kota ini.

10. Kabwe, Zambia

Pada tahun 1902, deposit timah dalam jumlah besar di temukan di dekat kota ini. Hanya sedikit perhatian yang diberikan terkait dengan potensi masalah polusi dan kesehatan yang akan disebabkan oleh pertambangan logam ini. Konsentrasi timah pada anak-anak di kota ini bahkan sudah cukup untuk dikatakan berdampak vatal, atau paling tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius.
Untungnya, sebuah proyek senilai 40 juta dolar amerika telah dilakukan untuk menangai masalah polusi timah di kota ini.

Itulah sepuluh kota paling tercemar di dunia. Mungkin anda tidak merasakan dampak langsung dari pencemaran di kota-kota tersebut, namun itu tidak berarti anda mengabaikannya. Apa yang terjadi pada kota-kota tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita agar bisa berperilaku lebih ramah lingkungan agar terhindar dari berbagai polusi yang berbahaya. Hiduplah ramah lingkungan untuk hidup kita dan generasi mendatang yang lebih baik.
Sumber: http://www.curiosityaroused.com/

No comments:

Post a Comment