Breaking

Sunday, November 23, 2014

Memelihara dan Mengkonservasi Biodiversitas

Alam adalah sesuatu yang istimewa. Alam bukan hanya tentang pohon dan hewan, tetapi juga cara mereka berinteraksi satu sama lain dan keunikan dari hubungan ini. Dari burung, kelelawar dan orang utan, serangga dan cacing, mereka semua memiliki peranan yang penting.

Dengan meningkatkan keanekaragaman hayati di halaman rumah Anda, Anda mendukung berbagai macam tanaman, hewan dan mikro-organisme yang dapat hidup di sekitar rumah Anda. Dengan melengkapi taman milik Anda dengan tempat mandi burung atau kotak untuk burung bersarang, kelelawar dan musang, Anda akan mendukung ekosistem di mana tanaman dan hewan hidup.

Dengan kecenderungan bangunan rumah pada saat ini yang lebih besar dan pertumbuhan kawasan urban, luasan halaman rumah semakin menurun dalam ukuran dan kemampuannya menjadi habitat yang mendukung keanekaragaman hayati semakin menghilang. Dengan mengambil tindakan sederhana untuk mengatasi kecenderungan ini dan secara aktif mendukung dan belajar tentang ekosistem lokal Anda, Anda membantu untuk melestarikan flora dan fauna yang unik dan habitat mereka tinggal.


Menyelaraskan halaman rumah Anda dengan iklim dan kondisi alam wilayah Anda akan menciptakan habitat perlindungan yang cocok untuk habitat berbagai satwa liar seperti kupu-kupu, kadal dan burung.

Bagaimana melakukannya sekarang!

Mendorong kelestarian satwa liar dan mendukung keanekaragaman hayati yang  di halaman rumah Anda dapat dilakukan dengan memenuhi tiga kebutuhan dasar hewan satwa liar, yaitu makanan, air dan struktur vegetatif (naungan, perlindungan dan tempat berkembangbiak).

Menanam jenis tanaman lokal
Dengan memilih tanaman asli yang menyediakan makanan (bunga dan buah) untuk burung lokal, kelelawar dan possum (atau makanan untuk serangga yang mereka makan) Anda akan memenuhi kebutuhan utama mereka untuk menghuni taman Anda.

Mulsa, letakkan kayu busuk dan beri makan pada serangga
Serangga, cacing dan hewan-hewan kecil merupakan hewan yang mengurai bahan alami dan merupakan sumber makanan ideal untuk hewan-hewan seperti kelelawar dan burung terus hingga keatas rantai makanan di ekosistem halaman Anda. Katak dan kadal juga menggunakan kayu untuk hidup dan bersarang. Selanjutnya dengan menambahkan kayu yang membusuk atau kayu seperti kayu log tua dan mulsa Anda memperbaiki kondisi tanah, yang mendorong pertumbuhan tanaman (lebih meningkatkan keanekaragaman hayati).

Memasang tempat mandi burung atau kolam
Tempat air atau kolam adalah cara yang bagus untuk menarik keanekaragaman hayati lokal. Namun struktur vegetatif sekitar sumber air juga penting, jika tidak, anda mungkin menarik burung besar seperti jalak dan merpati (bukan pemakan madu).

Tanamlah taman Anda dengan dengan 4 jenis struktur (atau lapisan) vegetasi
Dalam ekosistem yang alami beragam satwa liar didukung oleh beberapa lapisan tanaman (secara kolektif disebut sebagai struktur). Lapisan ini termasuk lapisan atas (pohon), lapisan tengah (semak), lapisan bawah (rumput dan bunga lili), dan lapisan tanah (serasah daun dan groundcovers). Jika Anda menanam satu lapisan Anda mungkin hanya menarik satu atau dua spesies, namun dengan menanam 2, 3, atau bahkan 4 (tergantung pada seberapa besar taman Anda) maka Anda akan menarik lebih banyak keanekaragaman hayati.

Membuat dan memasang kotak bersarang bagi satwa liar
Beberapa jenis burung dan satwa liar lainnya membutuhkan lubang  di mana mereka dapat bersarang dan berkembang biak. Penebangan pohon-pohon tua di hutan telah mengakibatkan banyak kekurangan lubang bagi banyak hewan asli dan burung. Akibatnya banyak spesies burung serta kelelawar dan possum kesulitan untuk bersarang dan berkembang biak.

Instalasi kotak bersarang Anda. Kotak bersarang umumnya melekat pada pohon, namun mereka juga dapat ditempatkan pada tiang. Umumnya kelelawar dan burung lebih memilih untuk setidaknya dua meter dari tanah.

Mari lindungi lingkungan sekitar kita, jaga kebersihannya, kehijauannya, dan kelestariannya. Kedepannya, kita yang akan mendapatkan kebaikan dari upaya kita memelihara dan mengkonservasi biodiversitas di lingkungan sekitar kita.

No comments:

Post a Comment

Adbox