Breaking

Sunday, November 23, 2014

Mendorong Gaya Hidup Berkelanjutan

Kadangkala mudah sekali kita berfikir bahwa hanya kita yang mencoba untuk hidup secara berkelanjutan, namun, semakin kita banyak bicara dengan orang lain, kita akan menemukan bahwa banyak orang yang memiliki pemikiran seperti kita. Kita semua adalah guru sekaligus murid, jadi berbagilah dengan orang lain tentang apa yang Anda ketahui dan mungkin Anda akan mendapatkan balasan berupa pengetahuan baru dari orang lain.

Semakin kuat ucaha kita untuk mendorong cara hidup yang berkelanjutan, akan semakin mudah untuk membangun komunitas yang berkelanjutan.

Bagaimana cara kita mengajak orang lain untuk hidup secara berkelanjutan?

Hiduplah dengan cara hidup yang berkelanjutan
Lakukanlah sebelum Anda bicara, jika Anda menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda lakukan, Anda akan terlihat seperti orang munafik.

Lakukan apa yang Anda bisa, saat Anda bisa
Tantang diri Anda untuk melakukan sesuatu aktifitas baru yang berkelanjutan setiap minggu.

Melibatkan diri
Saat ini banyak terdapat komunitas-komunitas yang bekerja untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan menjadikannya berkelanjutan, bergabunglah dan ikuti perkembangan dalam komunitas tersebut.

Sebarkan ke seluruh dunia
Semakin banyak diskusi, argumentasi dan ajakan kita untuk terlibat akan semakin baik. Jadi, lakukan aksi untuk menggerakkan diri Anda sendiri dan dorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Kenapa penting untuk melakukan hal ini?
Banyak orang yang kurang sadar tentang gaya hidup kita hari ini berdampak buruk pada lingkungan alam yang menopang kehidupan kita. Dengan mengajak dan mendorong orang lain untuk hidup secara berkelanjutan, maka kita turut membantu komunitas kita untuk terhindar dari berbagai potensi masalah lingkungan yang mungkin akan melanda di masa depan. Masa depan kita harus berkelanjutan dan selaras dengan alam, dan kita harus membangun masa depan itu sekarang.

Sumber: http://www.mygreenlife.com.au/
Foto: Mapala Untan

2 comments:

  1. Lo keren diantara manusia lain yang hanya bisa membuat kerusakan di bumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita semua bisa menjaga alam ini mas... salam lestari... :)

      Delete

Adbox