• Petualangan dan Lingkungan

    Friday, March 21, 2014

    Blogger dan Pelestarian Alam dan Lingkungan Hidup

    Kerusakan lingkungan pada saat ini telah mencapai tingkat yang seharusnya tidak bisa lagi kita tolerir. Degradasi hutan, kepunahan spesies, pemanasan global, perubahan iklim, bencana alam yang berhubungan dengan aktifitas manusia, dan masalah-masalah lingkungan lainnya sedang mengintai eksistensi manusia dimuka planet biru kita, Bumi. Banyak orang yang menyadari, memahami dan peduli terhadap masalah yang sangat mendesak ini, namun sepertinya lebih banyak orang yang tidak menyadari dan memahami bagaimana dampak perilaku manusia secara jangka panjang terhadap lingkungan kita. Kelanjutannya, tentu saja kondisi lingkungan manusia pada saat ini semakin memprihatinkan.
    Salah satu penyebab kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan adalah kurangnya informasi yang sampai kepada mereka. Berita tentang kondisi lingkungan yang dapat kita baca atau saksikan di media masa umumnya hanya  menyampaikan berita-berita yang dipandang cukup booming dan sensasional. Bahasan yang disuguhkan hanya gejala akibat kerusakan lingkungan, jarang yang menyajikan akar dari masalah-masalah lingkungan tersebut secara mendalam. Kalaupun akar masalahnya dibahas, pembahasan hanya sampai kulit saja. Hal ini dapat dimaklumi karena pemberitaan media massa hanya didasarkan pada informasi yang didapat dari reporter yang biasanya bukan pihak dalam lingkaran dari masalah lingkungan terkait. Dinamika informasi yang terus mengalir deras juga membuat berita-berita tentang permasalahan lingkungan dengan cepat tenggelam oleh berita-berita lain seperti politik, ekonomi, hiburan dan lain sebagainya.

    Internet adalah salah satu alternatif yang sangat efektif dalam upaya penyebaran ide-ide pelestarian alam dan lingkungan hidup di Indonesia.  Data yang di publikasikan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 71,19 juta orang hingga akhir tahun 2013 lalu. Kita bisa menggunakan social media seperti Facebook dan Twitter untuk menyebarkan ide kita tentang pelestarian alam dan lingkungan, tetapi jika ingin sedikit lebih serius, blog adalah media yang paling tepat untuk kita.

    Apa yang dimaksud dengan blog? Menurut Wikipedia, blog (web log) adalah bentuk aplikasi web  yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum, pengguna blog dikenal sebagai blogger. Melalui blog inilah seorang blogger berperan dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan hidup dengan menuliskan dan menyebarluaskan ide-idenya tentang upaya tersebut. Lebih jauh lagi, seorang blogger bisa menjadi jurnalis (lebih dikenal sebagai jurnalisme warga) yang menyampaikan berita-berita di sekitar lingkungannya yang mungkin bermanfaat dan dapat menginspirasi orang lain.

    Penulisan berita lingkungan melalui blog memungkinkan untuk disampaikan secara terfokus, lengkap dan mendalam,  serta dapat disajikan dari sudut pandang pihak yang bersinggungan langsung dengan isu lingkungan terkait. Berbeda dengan Informasi di media massa seperti televisi, radio, ataupun media cetak, informasi yang tersimpan di blog bersifat permanen karena tulisan akan tetap berada di jaringan internet selama tidak dihapus oleh penulis atau hal-hal lain yang tidak terduga.

    Tulisan seperti apa yang bisa Anda muat dalam blog? Terkait dengan isu lingkungan, tentu banyak yang bisa dibahas di dalam blog. Dari isu-isu internasional seperti global warming, hingga skala kecil, seperti rumah kita sendiri. Walaupun dalam skala kecil, banyak yang bisa kita ceritakan terkait dengan lingkungan rumah kita, misalnya tentang cara hidup ramah lingkungan, cara menghemat energi, cara menjaga kualitas udara sekitar rumah, dan masih banyak tema lainnya.

    Jadi, apa lagi yang ditunggu? Mulailah membuat blog, Membuat blog tidak sulit, silahkan baca Langkah-langkah Membuat Blog di Blogspot. Tulislah sesuatu, sebarkan ide-ide Anda tentang pelestarian alam dan lingkungan hidup. Lebih dari itu lakukan sesuatu untuk lingkungan Anda, jika Anda telah melakukan sesuatu, lakukan lebih banyak.  Jika belum sempat atau belum mampu melakukan sesuatu untuk lingkungan secara luas, lakukan sesuatu untuk lingkungan sekitar Anda, matikan lampu yang tidak dipakai,  buang sampah pada tempat sampah, tanam pohon, kurangi penggunaan kertas, bawa kantong plastik saat belanja. Ceritakan aktiftas nyata Anda dalam usaha menjaga lingkungan, sampaikan apa yang ingin Anda lakukan untuk Bumi ini. Tunjukkan bahwa Blogger Peduli Lingkungan.
    Baca juga:

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel