Breaking

Wednesday, February 19, 2014

Lima Peralatan Elektronik Paling Boros Listrik


Listrik adalah salah satu pengeluran rumah tangga yang wajib bagi setiap rumah pada saat ini. Jika tidak cermat mengatur penggunaan listrik, bisa saja pengeluaran yang satu ini membuat kantong Anda bocor. Satu-satunya cara untuk menghemat listrik tentu saja adalah dengan mengurangi penggunaannya. Salah satu satu langkah penting dari upaya tersebut adalah mengetahui alat listrik apa yang paling boros dan rakus memakan daya listrik Anda. Berikut adalah lima peralatan elektronik yang paling rakus tersebut:

1. Televisi

Sebuah TV plasma dapat menyedot daya sebesar 1,400 kilowatt, dalam  setahun Anda harus mengeluarkan sampai 1,5 jt rupiah. Tidak hanya menghisap energi, tv juga dapat mengahabiskan uang Anda. Cara yang paling mudah untuk menghemat energi adalah dengan mencabut kabel tv dari terminal listrik. Mungkin Anda menonton tv sekitar 3-4 jam dalam sehari, tapi televisi tetap akan menghisap energi pada 20 jam sisa hari Anda. Meskipun Anda menggunakan layar LCD yang lebih hemat energi, tv tetap dapat menghabiskan listrik Anda.

2. Video games

Game consoles seperti playstation, XBox, dan Wii dapat menghabiskan sekitar 230 kwH dalam setahuan, mungkin akan menambah tagihan listrik Anda sebesar Rp. 300.000,-. Anda mungkin bisa membeli game yang lain dengan uang tersebut. Jika Anda tidak ingin mencabut power game Anda, peralatan game tersebut biasanya memiliki tobol off kedua yang tersembunyi di bagian belakanganya. Tombol off pertama biasanya membuat peralatan tersebut dalam mode standby -biasanya ditantai dengan lampu kecil berwarna hijau-, sedangkan tombol off kedua akan mematikan power dari alat tersebut.

3. Laptop

Laptop adalah salah satu alat yang boros listrik dirumah Anda. Mungkin Anda lebih memilih untuk mengisi baterai laptop sementara Anda tidak sedang berada dirumah, namun akan jauh lebih bijak jika Anda mengisi baterainya saat Anda sedang dirumah. Kenapa? Karena meskipun baterai sudah penuh, jika kabel power masih tersambung ke sumber listrik, alat tersebut tetap menghabiskan listrik. Selain itu, membiarkan baterai yang sudah penuh tetap terhubung dengan listrik beresiko menurunkan efisiensi baterai laptop Anda.

4. DVD Player

Meskipun mungkin Anda hanya menggunakan alat listrik ini hanya beberapa kali dalam seminggu, biasanya orang-orang -mungkin termasuk Anda- agak malas untuk mencabut kabel powernya. Cabutlah kabel power tersebut jika tidak sedang digunakan.

5. Charger HP

Energi yang dihisap oleh charger hp yang terhubung dengan aliran listrik sementara tidak dalam kondisi men-charge handphone hampir sama dengan saat charger tersebut sedang digunakan untuk men-charge handphone. Karena itu cabutlah charger handphone dari terminal listrik di rumah Anda. Alat ini adalah sebuah benda kecil, tidak akan sulit untuk mencabutnya.

Demikianlah sedikit cerita tentang alat-alat boros listrik dirumah Anda, mari hidup lebih ramah lingkungan, mulai dari yang kecil-kecil.
Sumber: http://www.dosomething.org/
Baca juga:

No comments:

Post a Comment