Breaking

Wednesday, February 19, 2014

Pantai Parangtritis, Wisata Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya di tengah-tengah kotanya, provinsi istimewa ini juga memiliki beberapa objek wisata alam, salah satunya adalah Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis terletak sekitar 27 km di kearah selatan dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai Pantai paling terkenal di Yogyakarta ini kita bisa menggunakan kendaraan umum yang beroperasi sampai pukul 17.

Berbeda dengan objek wisata pantai  pada umumnya yang berpasir kuning atau putih, Pantai Parangtritis memiliki pasir berwarna hitam. Pasir hitam ini adalah hasil erupsi gunung Merapi yang terbawa aliran sungai hingga terbawa ke laut. Ombak kemudian mengumpulkan pasir tersebut di tepi pantai. Secara visual, pemandangan pantai dengan pasir berwarna hitam mungkin kurang menarik. Tapi kita tidak perlu terpaku dengan pasirnya, karena di pantai Parangtritis punya sunset yang sangat menawan.

Pantai Parangtritis sangat dekat dengan legenda Nyi Roro Kidul, yang dipercaya masyarakat sebagai penguasa Laut Selatan. Masyarakat percaya bahwa pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul.

Aktifitas
Laut Selatan dengan ombaknya yang terkenal ganas membuat pantai Parangtritis kurang aman bagi wisatawan. Karena itu wisatawan dilarang untuk berenang di laut. Tapi jangan khawatir, ada aktifitas lain yang bisa dilakukan jika Anda ingin bersenang-senang. Misalnya bermain layangan, naik bendi, atau bertualangan dengan ATV
.
Pantai Parangtritis juga punya angin yang cukup kencang, karena itu, bermain layang-layang adalah salah satu altrernatif aktifitas yang dapat kita lakukan.
Jika berjalan diatas pasir membuat Anda lelah, gunakan bendi. Menyusuri permukaan pasir yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda beroda 2 ini akan terasa sangat romantis jika bersama pasangan hidup Anda. Di ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding, kesanalah bendia akan membawa penumpangnya.

Untuk yang berjiwa petualangan, di dekat pantai terdapat tempat penyewaan ATV (All Terrain Vehicle) dengan tarif sewa Rp. 50.000-100.000,- persetengah jam. Dengan ATV ini Anda dapat bertualang melintasi gundukan pasir terbesar di Indonesia, mungkin di Asia Tenggara. Pantai Parangtritis memang memiliki gundukan pasir terbesar di Indonesia, masrakat lokal menyebutnya sebagai gumuk.  Gumuk pasir tersebut membuat kawasan pantai ini seperti Padang Pasir. Jika Anda pernah menonton film Perempuan Berkalung Sorban, gumuk pasir di Parang tritis inilah tempat shootingnya.

Aktifitas wisata ditutup dengan menikmati pemandangan sunset, menjelang maghrib. Jika Anda merasa agak lelah untuk kembali ke kota, Anda dapat bermalam di sekitar kawasan sekitar pantai, tersedia banyak penginapan dengan harga yang terjangkau.

No comments:

Post a Comment