• Petualangan dan Lingkungan

    Wednesday, January 29, 2014

    Gaya Hidup Ramah Lingkungan

    Kondisi lingkungan pada saat ini semakin parah, bagi yang mau menjadikan pemikirannya sedikit sensitif. Global warming, pencemaran lingkungan, eksploitasi sumber daya alam, dan lain-lain. Dan jika Anda termasuk kelompok orang yang sensitif terhadap lingkungan, tidak sulit  untuk menyadari bahwa semuanya berawal dari perilaku kita sebagai manusia. Pokok permasalahan lingkungan pada hari ini selalu berawal dari manusia. Jadi, ada yang harus kita perbaiki terkait perilaku kita.

    Anda tidak perlu langsung membeli mobil hemat energi (misalnya hybrid) atau panel surya untuk menjadi orang yang ramah lingkungan, tetapi cukup dengan memperbaiki gaya hidup kita. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjadi orang yang ramah lingkungan.

    Kita, manusia adalah spesies penghuni bumi yang paling rakus di muka bumi. Adakah yang lebih rakus dari kita? Begitu bernafsu dengan materi, bukan untuk kebutuhan, tapi hanya untuk kepuasan sendiri. Gaya hidup hijau atau Green Life Style bukan tentang barang apa yang kita beli dengan berbagai label ramah lingkungan, gaya hidup hijau adalah tentang apa yang tidak kita beli. Jadi, mulailah mengurangi belanja barang yang sebenarnya tidak kita perlukan. Jangan gelap mata.

    Mungkin diantara kita ada yang memiliki uang yang cukup banyak untuk membeli mobil ramah lingkungan untuk menunjukkan bahwa mereka adalah orang yang sangat ramah lingkungan, tapi mungkin anda kehilangan point utamanya. Gaya hidup ramah lingkungan adalah dengan menjaga mobil lama anda tetap bagus. Misalnya dengan service secara berkala. Walaupun mungkin efisiensi mesin menurun, paling tidak Anda turut andil dengan tidak menambah sesaknya jalan di kota Anda.

    Mengkonsumsi makanan organik

    Makanan organik tidak hanya menyehatkan karena kandungan pestisidanya yang relatif lebih rendah, tetapi juga lebih menyehatkan untuk planet kita. Bahan makanan organik memang termasuk mahal, itu jika kita membelinya. Jika anda bisa menanamnya sendiri, maka anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan bahan makanan organik. Manfaatkan halaman rumah anda untuk berkebun, anda akan mendapatkan keuntungan berlipat dengan menjadikan halaman rumah sebagai kebun. Selain mendapatkan keuntungan berupa bahan makanan yang rendah pestisida sehingga sehat, anda juga menjadikan lingkungan rumah menjadi lebih hijau. Dan, anda juga menjadi lebih sehat dengan berkebun, tentang sehat dengan berkebun.
    Baca juga: 9 Alasana Kenapa Berkebun Menyehatkan Tubuh dan Pikiran.

    Mengkonsumsi makanan Lokal

    Ada tiga keuntungan atau manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi bahan makanan lokal; pertama, makanan lokal relatif lebih sehat, karena dikonsumsi langsung di dekat tempat produksinya, maka tidak diperlukan bahan pengawet; kedua, makanan lokal lebih ramah lingkungan, karena buah lokal tidak menambah pelepasan emisi karbon ke lingkungan untuk keperluan pengiriman; ketiga, lebih murah, dua alasan pertama bisa menjadi penyebab mengapa makanan lokal lebih murah.

    Reduce, Reuse, Recycle, Repair

    Saat ini tidak hanya hutan yang terus dihabisi, bahkan gunung-gunung pun banyak yang menjadi semakin rendah karena di eksploitasi menjadi material bangunan. Semua sumber daya alam dari perut bumi terdalam yang dapat dijangkau, hingga puncak gunung-gunung tinggi sedang di keruk untuk kebutuhan manusia. Tidak perlu demonstrasi untuk menunjukkan kita peduli, hanya dengan melakukan daur ulang pun terhadap satu barang yang kita gunakan, kita dapat membuat perbedaan.

    • Jangan membeli barang yang sebenarnya masih ada di rumah anda dan layak pakai
    • Gunakan barang rusak untuk keperluan lain yang mungkin
    • Beli barang isi ulang dengan kemasan besar
    • Bawa kantong belanja sendiri

    Baca juga: Aplikasi Sederhana Reduce dan Recycle

    Matikan AC dirumah anda 

    Buka jendela, tanam pohon yang rindang di halaman untuk mendapatkan udara yang sejuk dan segar. Anda akan menghemat energi yang lepas ke bumi ini sambil menghemat pengeluaran dari penggunaan listrik.
    Baca juga: Rumah Sejuk tanpa Air Conditioner

    Ganti bola lampu pijar lampu hemat energi 

    Lampu hemat energi saat ini banyak tersedia di pasar. Jika punya dana lebih, gunakan LED. Jenis lampu-lampu tersebut kauh lebih efisien dari pada lampu pijar yang melepaskan banyak energi panas (kalor). Penggunaan lampu hemat energi termasuk sebuah tindakan yang ramah lingkungan.

    Berjalan kaki atau gunakan sepeda

    Ini adalah gaya hidup ramah lingkungan yang paling simple. Hanya menggoyang lutut kedepan bergantian. Betapa baiknya berjalan kaki tidak perlu kita bahas lagi disini. Anda sendiri sudah pasti tahu. Jadi, perbanyaklah berjalan kaki. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi jika memungkinkan. Jika tempat anda relatif jauh untuk dicapai dengan berjalan kaki, gunakan sepeda. Sepeda tidak hanya ramah lingkungan, tapi seperti berjalan kaki, bersepeda juga dapat menyehatkan (Baca juga: 7 Manfaat Bersepeda)
    Baca juga: Manfaat Aktifitas Outdoor untuk Kesehatan
    Akhir kata, mari jadikan bumi kita yang hanya satu ini sebagai tempat yang nyaman untuk di tinggali.
    Baca juga:

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel