Breaking

Saturday, February 22, 2014

Kebiasaan Sepele Penyebab Polusi Lingkungan

Mulai dari meninggalkan lampu ruangan tanpa mematikannya sampai melempar botol plastik bekas ke tempat sampah, kita semua selalu membuat polusi dengan satu atau lain cara.
 Kebanyakan dari semua kelakuan tersebut, kita tidak tahu bahwa kita telah menambah bahan polusi dalam lingkungan. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi polusi adalah dengan menghindari beberapa kebiasaan tidak ramah lingkungan (yang  mungkin menurut kita remeh) sebagai berikut:

1. Merokok, ini bukan tentang kesehatan Anda,
 Anda yang bertanggung jawab atas kesehatan Anda sendiri, tapi jangan bawa-bawa orang lain untuk ikut merasakan penyakit yang sedang Anda bangun. Asap rokok adalah salah bentuk polusi udara yang hampir bisa dikatakan bersumber dari sebuah kekonyolan. Selain asap, kebanyakan perokok membuang begitu saja puntung rokoknya (filter) ditempat dimana hisapan terakhir dilakukan.

2. Menggunakan kantong plastik atau kertas
Plastik adalah polusi paling berat bagi tanah dan air di bumi ini. Seluruh dunia modern telah merasakannya, tetapi hanya sedikit yang berusaha untuk melepaskan diri dari polusi ini. Beberapa negara telah menerapkan peraturan untuk memberikan biaya tambahan bagi pelanggan toko yang tidak membawa sendiri kantong belanjaannya, dan cara ini terbukti efektif. Bagaimana dengan kertas? Kurang lebih sama, kita hanya akan menumpuk kantong-kantong tersebut dirumah dan menjadi polusi dirumah kita sendiri jika kita tidak menjadikannya polusi di lingkungan kota kita. Bagaimana cara menghindari kebiasaan yang mencemari lingkungan ini? Biasakanlah membawa kantong plastik sendiri saat akan berbelanja, tidak perlu menunggu peraturan pemerintah.

3. Berkendara untuk jarak yang dekat
Banyak orang pada saat ini terlalu malas untuk bergerak, bahkan untuk berjalan beberapa ratus meter dari tempatnya yang seharusnya tidak perlu menghabiskan bahan bakar kendaraannya, jadilah orang sehat dan ramah lingkungan sekaligus. Berjalanlah, atau gunakan sepeda.

4. Tidak mencabut charger laptop atau handphone saat tidak dipakai
Hal ini mungkin terlihat remeh dan mungkin banyak orang yang mempertanyakan, tapi apa susahnya mencabut charger kita dari terminal listrik saat tidak dipakai. Keuntungan dari kebiasaan tidak meninggalkan alat ini tetap terhubung ke aliran listrik saat tidak digunakan adalah menghemat umur pakai, menghindari barang tersebut menjadi panas dan bisa jadi terbakar, hemat energi, dan tentu saja akan menghemat pengeluaran Anda untuk listrik.

5. Menggunakan tisu
Sebenarnya tidak ada masalah jika Anda menggunakan tisu, tapi jika masih bisa menggunakan pembersih kain yang dapat dicuci, kenapa menggunakan tisu yang dibuat dengan menebang pohon-pohon di bumi dan menambah polusi di lingkungan?

Banyak hal-hal lain yang mungkin tampak sepele dan menurut kita tidak terlalu berpengaruh terhadap lingkungan, tetapi jika kita semua mencoba untuk memperbaiki prilaku kita dalam berhubungan dengan lingkungan, sedikit atau banyak pasti akan ada dampaknya.

Mari kembalikan Bumi menjadi tempat yang lebih baik, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang mencemari lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Adbox