• Petualangan dan Lingkungan

    Tuesday, May 29, 2012

    Arti Keberadaan Biodiversitas

    Sebagai seorang lulusan jurusan Biologi saya masih sering mengikuti perkembangan ilmu Biologi di Indonesia, sesekali juga perkembangannya di dunia Internasional. Salah satu topik utama yang pada saat ini masih sering sekali di bicarakan di Indonesia adalah semakin hilangnya biodiversitas yang selama ini menjadi salah satu kebanggaan bangsa Indonesia. Banyak yang berpikir bahwa biodiversitas sangat penting bagi kita, namun pada kenyataannya tidak semua orang berpikir demikian. Banyak pula diantara kita yang berpendapat bahwa kita harus memikirkan bahwa setiap orang berhak untuk menjalani hidupnya bagaimanapun caranya, termasuk merampas hak sebagian orang yang tidak memiliki akses terhadap sumber daya yang katanya milik negara, termasuk juga hak generasi masa depan. Sungguh disayangkan!

    Kembali ke biodiversitas, biodiversitas adalah keragaman spesies makhluk hidup yang terdapat di muka bumi ini. Biodiversitas identik dengan kondisi alami di kawasan hutan dimana beragam makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Selama ini biodiversitas dikenal sebagai cadangan keanekaragaman hayati yang harus dipertahankan karena memiliki banyak potensi. Kata potensi inilah yang sering disalah artikan oleh banyak orang, sehingga terjadilah eksploitasi sumber daya alam yang semena-mena. Pada kenyataannya, biodiversitas bukan sekedar sumber daya alam yang "berpotensi", tetapi ia memiliki fungsi yang secara langsung mempengaruhi kehidupan manusia sejak dulu hingga sekarang. Jadi apakah yang menjadi fungsi dari biodiversitas tersebut sehingga kita harus mempertahankannya? Mungkin beberapa hal berikut bisa jadi perenungan kita;
    •  Sumber tanaman obat; sejak dahulu masyarakat Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik dengan alam. Alam menyediakan berbagai tanaman yang dapat digunakan sebagai obat-obatan yang dapat menyelamatkan hidup manusia. Kehilangan biodiversitas akan menyebabkan kita kehilangan sumber obat-obatan yang bukan sekedar potensi, tetapi memang sudah dimanfaatkan.
    • Kelestarian budaya; tidak hanya obat-obatan, alam juga merupakan salah satu faktor yang membentuk kebudayaan manusia, dalam hal ini khususnya di Indonesia. Satu contoh kasus adalah masyarakat Dayak di Kalimantan, masyarakat Dayak sangat tergantung dengan alamnya karena rumah adat mereka yang disebut sebagai rumah Betang menggunakan hampir 100% bahan alam yang didapatkan dari hutan di sekitar mereka. Tidak hanya rumah, mereka juga menggunakan tanaman-tanaman yang terdapat di hutan mereka untuk membuat berbagai perkakas rumah tangga. Pada beberapa suku misalnya Dayak Desa di desa Ensaid Panjang, Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, masyarakat menggunakan ekstrak warna dari beberapa jenis tanaman untuk mewarnai kain tenun ikat mereka.
    • Hutan sebagai daerah tangkapan air; saya sebagai salah satu masyarakat kota Pontianak pernah merasakah kesulitan air. Adakah yang berpikir ini hal yang aneh, kalau saya sendiri yang baru hidup di Pontianak selama 26 tahun mungkin tidak aneh karena saya tidak tahu cerita masa lalu apakah sudah pernah terjadi hal yang demikian ini. Namun dari berbagai artikel yang pernah saya baca, salah satu penyebab masyarakat mengalami kesulitan air adalah karena hilangnya area tangkapan air di hulu sungai Kapuas. Kurangnya pasokan air dari hulu sungi menyebabkan air laut masuk cukup dalam ke sungai Kapuas hingga menyebabkan perusahaan air m..... (PDAM) tidak dapat mengolah air sungai karena salinitasnya yang terlalu tinggi. Dari sini terlihat betapa pentingnya biodiversitas dalam mendukung ekosistem baik yang secara langsung atau tidak langsung terhubung dengannya.
    • Ekowisata; pariwisata berbasis ekologi bukan hal yang baru di Indonesia, salah satu objek andalan dunia pariwisata di Indonesia adalah biodiversitas yang melimpah di Indonesia. Setiap tahun ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Indonesia untuk menyaksikan kekayaan alam berupa spesies-spesies unik yang terdapat di negara tropis ini. Beberapa spesies yang menjadi daya tarik utama ekowisata di Indonesia misalnya orang utan Sumatra dan Kalimantan, Harimau Sumatra, Cendrawasih Papua, Komodo Nusa Tenggara, dan masih banyak spesies-spesies lainnya.
    Selain manfaat-manfaat yang ditulis diatas, masih banyak manfaat lain yang kita peroleh dari biodiversitas baik secara langsung maupun tidak langsung. Kini yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga agar kekayaan yang sudah kita miliki ini tidak hilang ataupun hanya dinikmati segelintir orang yang memiliki modal untuk mengeruknya dengan serakah.

    2 comments:

    1. Mungkin ada baiknya menciptakan suatu inovasi baru yang berbasis eco-enviroment tetapi tak meninggalkan unsur "modern", agar dapat menarik minat masyarakat

      ReplyDelete
    2. @mbak Melati Fadla, setuju mbak, bahkan inovasi itu adalah keharusan. Untuk mengelola sumber daya alam kita memerluka inovasi yang mumpuni. Untuk menarik masyarakat, maka inovasi itu seharusnya cukup mudah untuk di aplikasikan oleh masyarakat, tidak terbatas hanya pada ilmuan atau pemodal besar yang bisa melaksanakannya.

      Terimakasih responnya. :)

      ReplyDelete

    Fashion

    Beauty

    Travel