Breaking

Thursday, March 6, 2014

10 Hewan Paling Iconic di Dunia (3 - selesai)

4. Pinguin - Komputer
Pada awal abad 21, dunia memasuki era digital yang menyentuh hampir semua bidang kehidupan manusia.Hampir seluruh manusia telah bersinggungan dengan teknologi komputer yang hingga saat ini masih terus berkembang. Jika kita membicarakan apa icon yang paling dekat dengan komputer,  menurut saya, dia adalah pinguin. Pinguin merupakan pilihan Linus Torvald (pembuat linux pertama) untuk menjadi logo dari sistem operasi komputer terbuka ini.

Selain sebagai logo komputer, pinguin juga merupakan salah satu ikon global warming bersama beruang kutub. Hal ini disebabkan pinguin adalah hewan paling awal merasakan dampak perubahan iklim dengan mencairnya es di kutub selatan.

3. Burung Elang - Lambang Negara
BUrung Elang dan kerabat-kerabatnya mungkin adalah hewan yang paling banyak dijadikan lambang berbagai negara di dunia, misalnya Amerika, Serikat, Mesir, termasuk negara kita sendiri yang memilih burung garuda sebagai lambang  negara. Penggunaan elang sebagai lambang berbagai hal seperti spirit atau semangat, visi kekuatan dan sebagainya telah sejak waktu yang sangat lama. Elang dalam peradaban Mesir kuno adalah simbol dari Horus, dan di peradaban Romawi kuno, elang adalah simbol dari Jupiter, dewa tertinggi mereka.
Jika ikan hiu dapat dipandang sebagai satwa yang menguasai lautan, maka elang adalah satwa yang menguasai angkasa. Jadi, tidak mengherankan jika nama Elang banyak digunakan dalam dunia penerbangan, satu contoh adalah F-16, pesawat tempur terbaik yang pernah dibuat manusia, memiliki julukan Fighting Falcon.

2. Ular - Kebaikan dan Kejahatan
Hiu mungkin yang paling ditakuti di lautan, tapi ular mungkin adalah makhluk yang paling di takuti di bumi ini. Apapun jenis ularnya, beracun atau tidak, sedikit atau banyak akan akan bergidik saat berhadapan dengannya, kecuali kalau anda pawang ular. Penggunaan ular sebagai simbol sudah sangat lama dilakukan oleh berbagai peradaban di dunia. Satu yang paling terkenal adalah di peradaban India, masyarakat Hindu di India percaya bahwa satu dari tiga dewa utama mereka, yaitu Siwa menjelma ke dunia dalam bentuk ular. Dewa Siwa ini adalah dewa penghancur.
Dalam dunia modern saat ini, simbol yang paling umum dan mudah kita temui adalah simbol ular dalam dunia obat-obatan atau kedokteran. Simbol ini berasal dari kepercayaan Yunani kuno dimana ular melambangkan salah satu dewa mereka, yaitu Hermes. Hermes adalah dewa ilmu sihir, diplomasi, dan penemuan.
Dalam konteks kristianitas, ular adalah simbol kejahatan, pengkhianat dan sebagainya.

1. Singa - Keberanian
Singa adalah lambang keberanian dan kekuatan, dan secara tradisional singa dianggap sebagai raja dunia binatang. Singa di tempat asalnya, Afrika, menempati posisi tertinggi dalam piramida makananan ekosistem.
Spinx mungkin adalah penggunaan sosok singa paling awal sebagai simbol. Spinx adalah makhluk imajiner berkepala manusia dan berbadan singa. Patung manusia berbadan singa ini melambangkan salah satu dewa masyarakat mesir kuno, yaitu Hor-em-Akhet.
Pada zamn modern ini banyak negara yang menggunakan singat sebagai lambang negara, walaupun pada kenyataannya tidak ada singa di negara mereka. Negara-negara tersebut kebanyakan berada di Eropa, terutama Inggris, bahkan tim sepak bola Inggris dijuluki sebagai The Three Lions. Selain Inggris, beberapa negara lain yang menggunakan singa yaitu Armenia dan Swedia. Namun lebih banyak lagi yang menggunakanya sebagai emblem di pakain ketentaraan seperti Finlandia, Spanyol, Prancis, Jerman dan Norwegia.

No comments:

Post a Comment

Adbox