Breaking

Tuesday, March 4, 2014

10 Hewan Paling Iconic di Dunia (2)

Lanjutan hewan-hewan paling iconic di dunia.

7. Merpati - Perdamaian
Merpati termasuk unggas yang paling dekat dengan manusia, selain ayam. Burung ini mudah jinak. Kenapa burung ini menjadi lambang perdamaian? Kalau menurut saya sebagai orang yang pernah memelihara burung ini, burung ini memang pencinta damai. Jarang saya melihat mereka berkelahi satu sama lain, satu dua pasti adalah, namanya juga hidup berkelompok. Beda sekali dengan ayam, kalau dua ekor ayam jantan bertemu, biasanya maunya bertarung terus.
Ok, itu menurut saya, kalau menurut beberapa literatur lain, penobatan burung merpati sebagai lambang perdamaian sudah berlangsung sejak lama, mulai dari budaya paganisme, babylonia, yudhaisme, hingga kristianisme, agama dan kepercayaan tersebut telah menggunakan burung ini sebagai simbol perdamaian.

6. Hiu - Lautan
Hiu mungkin adalah salah satu ikan yang paling terkenal di dunia. Karena itu Hiu pantas menjadi icon lautan. Kenapa bukan lumba-lumba? Mari kita timbang, mana yang lebih berkensan kepada Anda, apakah berenang di sekitar gerombolan lumba-lumba, atau disekitar gerombolan Hiu? :P
Hiu menurut manusia adalah makhluk paling menyeramkan yang tinggal di lautan, namun jika Hiu bisa berpikir, sesungguhnya manusia adalah makhluk yang jauh lebih menyeramkan dari mereka. Kenapa demikian? Karena, kalau hiu memakan manusia, itu karena mereka lapar, dan mereka akan memakan manusia hingga habis, tapi saat manusia menangkap hiu, hanya siripnya yang diambil, sisanya dibuang! Bukankah itu sangat keterlaluan? Saya sendiri  merasa malu atas kelakuan manusia-manusia yang tidak manusiawi itu.

5. Anjing - Kesetiaan
Pernah dengan Hachiko? Kalau belum pernah, pergilah ke toko kaset dan cari film berjudul Hachiko. Sedikit bocoran tentang film tersebut, Hachiko adalah seekor anjing ras akita (peranakan anjing dan srigala) yang sangat setia. Saking setianya dia menunggu tuannya yang sudah meninggal di stasiun kereta hingga bertahun-tahun karena dia tidak tahu kalau tuannya sudah mati.
KEdekatan manusia dengan anjing diperkirakan telah berlansung sejak 15.000 tahun yang lalu. Menurut penelitian, anjing adalah domestikasi dari srigala yang kemudian mengalami perubahan genetik akibat jenis makanan yang didapatkan dari manusia (agak janggal menurut saya, tapi itulah kata ilmuan).  Anjing memiliki kecerdasan sosial seperti manusia, mungkin karena itu satwa ini bisa memiliki kesetiaan yang sangat tinggi kepada tuannya. Karena itu, menurut saya anjing adalah icon yang pantas untuk kesetiaan.

No comments:

Post a Comment