Breaking

Saturday, February 28, 2015

Kemegahan Masjid Istiqlal, Jakarta

Menurut Anda, masjid apakah yang paling terkenal di Indonesia? Jika jawaban anda adalah masjid Istiqlal, maka jawaban kita sama. Bisa jadi ada masjid lain di Indonesia yang lebih besar dari pada Istiqlal, tapi yang paling terkenal, tentu saja Istiqlal, bagaimana tidak,  masjid ini adalah masjid yang paling sering dikunjungi orang-orang nomor 1 di Indonesia, masjid ini pula yang paling sering disorot oleh media nasional. Dan tentu saja alasan utamanya adalah, masjid ini adalah yang terbesar di kawasan pusat pemerintahan Indonesia Raya.

Sisi Utara Masjid Istiqlal - Jakarta
Beberapa hari yang lalu saya mengunjungi masjid paling fenomenal di Indonesia, kunjungan tersebut adalah kali kedua, kunjungan sebelumnya saya lakukan pada Agustus 2013. Alhamdulillah dalam kedua kunjungan tersebut saya disempatkan-Nya untuk mendokumentasikan kemegahan masjid kebanggaan Indonesia ini.

Kunjungan pertama saya sebenarnya bukan khusus untuk mengunjungi Masjid Istiqlal, tapi untuk mengikuti aksi damai Peduli Mesir yang dilakukan di depan Kedutaan Amerika Serikat. Titik kumpul para pesertanya adalah Masjid Istiqlal,  bertepatan juga dengan hari jumat, maka saya shalat di Masjid Istiqlal. Setelah shalat saya mengambil beberapa gambar untuk mendokumentasikan kemegahan masjid tersebut. Silahkan lihat beberapa fotonya sebagai berikut.

Depan Mimbar Masjid Istiqlal - Jakarta

Beberapa Level Lantai Masjid Istiqlal - Jakarta

Kubah Masjid Istiqlal dari Bawah beserta Lampu Gantungnya - Jakarta
Kali kedua, saya memiliki waktu yang lebih luang untuk mengeskplorasi lebih banyak masjid Istiqlal dan mengambil banyak gambar dari beberapa sisi yang berbeda dari yang pertama dulu, walaupun tidak terlalu banyak.

Kubah Masjid Istiqlal dari Bawah - Jakarta

Kubah Masjid Istiqlal dari Bawah

Halaman Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Seberang Jalan

Menara Masjid Istiqlal - Jakarta

Jika sedang berada di dalam bangunan masjid Istiqlal, memang terasa sekali besar dan megahnya masjid tersebut. Namun, jika kita keluar dari masjid, kita akan berhadapan dengan bangunan-bangunan lain yang berdekatan.  Bangunan-bangunan lain berdekatan ini mengakibatkan efek megah dari bangunan masjid yang sebenarnya memang megah.

Secara visual, untuk menunjukkan kemegahan suatu bangunan, kita harus memberikan ruang yang cukup lapang diksekitar bangunan tersebut dengan jarak yang memadai. Namun memang harus dimaklumi dengan kondisi Jakarta yang sangat padat, sulit untuk mendapatkan tempat yang lapang di kota Jakarta. Kabar baiknya, masih ada beberapa tempat yang cukup lapang di sebagian sisi masjid Istiqlal dimana kita bisa menyaksikan keindahannya.

Masjid Istiqlal tampak dari Stasiun Kereta Juanda - Jakarta
Akhir kata, semoga semua tempat-tempat penting di negara ini bisa tetap lestari dan semoga kita semua ada rezeki untuk mengunjunginya, Aamiin :)

4 comments:

  1. suatu mesjid yang megah dan patut menjadi kebanggaan rakyat indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. konon katanya adalah masjid yang terbesar di Asia Tenggara mbah.... :)

      Delete
  2. kalau itu saya belum dapat infonya, tapi kalau mesjid dengan desain indonesia, timur tengah dan eropa itu saya pernah baca dan ini menjadikan negara tetangga juga tercengang dengan arsitekturnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow... saya baru dengar kalau masjid ini dibangun dengan kombinasi arsitektur mbah... memang keren bangunannya... patutlah kita berbangga... :D

      Delete

Adbox