Breaking

Sunday, May 27, 2012

Penyebab Sariawan

 Dalam beberapa hari kemarin rongga mulut terus menerus dilanda sariawan, tapi Alhamdulillah hari ini sariawan-sariawan tersebut telah berhasil di takhlukkan walaupun masih tersisa sedikit didalam. Cukup bingung dengan penyebab dari sariawan ini, karena hanya dengan sedikit luka di rongga mulut sariawan bisa mengganggu hingga berhari-hari bahkan mingguan. Apakah sebenarnya penyebab sariawan itu?
Dengan mengingat-ingat apa saja yang terjadi dalam beberapa hari kemarin terhadap badan ini, saya coba menganalisa penyebab sariawan yang saya alami tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut;
  • Panas dalam; kondisi panas dalam seringkali berkaitan dengan kondisi lingkungan yang kurang stabil, misalnya perubahan suhu udara yang tiba-tiba. Suhu udara tiba-tiba biasanya terjadi pada musim pancaroba, tubuh yang tidak siap dengan perubahan suhu yang tiba-tiba akhirnya mengalami gangguan dan terjadilah panas dalam. Selain pancaroba, perubahan suhu tubuh tiba-tiba akibat perpindahan dari ruangan bersuhu lebih rendah (misal ruangan ber-AC) ke ruang dengan suhu yang lebih tinggi (ruang terbuka di siang hari).
  • Kebersihan rongga mulut; sariawan bisa disebabkan virus maupun bakteri yang terdapat di dalam mulut, karena itu  kebersihan mulut adalah hal vital bagi kesehatan, termasuk mencegah sariawan. Mulut yang kurang dijaga kebersihannya dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak dengan lebih subur. Bakteri memang secara normal terdapat dalam mulut yang disebut sebagai flora normal. Bakteri tersebut tidak menyebabkan sakit, namun pada saat kondisi tubuh lemah bakteri yang tidak berbahaya dapat menjadi masalah.
  • Luka rongga mulut; sariawan biasanya diawali dengan sebuh luka kecil didalam rongga mulut. Banyak hal yang dapat menyebabkan luka dalam rongga mulut, misalnya kesalahan pada saat menyikat gigi, makanan yang keras dan tajam (misalnya ikan teri), gigi berlubang dengan sisi tajam.
  • Kurang cairan; tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan rongga mulut menjadi lebih kering. Keadaan kering ini menyebabkan mukosa (lapisan dinding) mulut menjadi lebih sensitif terhadap luka. Kurang cairan juga akan memacu terjadinya panas dalam yang selanjutnya menyebabkan sariawan.
  • Daya tahan tubuh rendah; masalah daya tahan tubuh dapat disebabkan beberapa hal, yaitu kurang istirahat (kurang tidur), kekurangan vitamin C yang merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan dalam  pembentukan sel darah putih; daya tahan tubuh manusia juga ditentukan adanya pasokan vitamin C yang cukup.
Lalu bagaimana cara menghindari sariawan??? Ringkasnya, hindari hal-hal seperti yang tersebut diatas atau lakukan hal yang sebaliknya. Untuk yang lebih jelas, nantikan artikel berikutnya ya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment