• Petualangan dan Lingkungan

    Thursday, February 28, 2013

    Manfaat Kulit Manggis

    Manggis di kenal sebagai ratu buah, pada kulitnya terdapat mahkota yang menandakan berapa jumlah daging buah yang terdapat di dalamnya. Ratu buah ini merupakan buah asli Indonesia dan cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Diperkirakan buah ini berasal dari pulau kalimantan dimana buah ini memang sangat mudah ditemukan.

    Manggis kaya akan serat dan vitamin dan berbagai komponen yang berguna bagi tubuh. Tidak hanya memiliki daging buah yang nikmat, keseluruhan bagian dari manggis memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Saat ini banyak yang memanfaatkan manggis sebagai obat tradisional yang diolah dari kulitnya.

    Kulit Manggis memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat, senyawa tersebut adalah xanthone yang meliputi alfa-mangostin dan
    gamma-mangostin. Senyawa-senyawa tersebut bermanfaat dalam memproteksi atau
    mencegah serangan penyakit, juga dapat menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon.

    Kulit manggis juga mengandungan senyawa tanin yang bersifat anti-oksidan yang mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti-diare, hemostatik, anti-hemoroid, dan juga menghambat perkembangan tumor. Antosianin yang juga terdapat pada kulit manggis memiliki kemampuan sebagai anti-oksidan yang baik dan berperan cukup penting dalam mencegah kanker, diabetes, penyakit kardiovaskuler, dan
    neuronal.

    Manfaat kulit manggis tidak hanya bersifat anti-oksidan, namun juga dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi (peradangan), anti-mikroba, anti-plasmodial, anti-diabetes, bahkan anti-kanker.

    Gambar: http://herbzway.com

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel