Breaking

Sunday, February 17, 2013

Pantai Selimpai - Paloh (2)

Selain menjadi tempat bertelur penyu, Selimpai juga menjadi tempat tinggal beberapa spesies lain yang dilindungi. Beberapa spesies tersebut misalnya kura-kura, kera ekor panjang, beberapa jenis burung dan buaya. Buaya dapat kita lihat di Tanjung Belimbing yang menghadap ke sungai, namun sebenarnya buaya ini lebih banyak terdapat di hutan bakau dekat desa di daratan.

Untuk yang senang memancing, sungai Paloh dapat menjadi tempat favorit kamu untuk melempar kail -andaikan tempat ini tidak jauh dari ibukota-. Kita dapat memancing di sungai dengan menggunakan perahu sewaan atau memancing dari tepian sungai saja. Lokasi yang dekat dengan muara menjanjikan ikan yang dapat kita pancing.

Meskipun memiliki potensi wisata yang cukup besar, jauhnya jarak dari ibukota menjadi kendala dalam pengembangan kawasan ini. Fasilitas yang tersedia juga tidak terlalu banyak dan yang adapun pada saat ini sudah kurang terawat. Beberapa fasilitas yang terdapat di Selimpai misalnya dermaga (sebagian tinggal rangka), aula pertemuan (masih utuh walau agak kotor), villa (sudah rusak dan miring), serta penginapan milik dinas kehutanan yang masih utuh namun tidak terlalu enak untuk tidur di dalamnya. Jika berkunjung kita dapat menggunakan kelambu atau tenda di bawah atap penginapan milik dinas kehutanan, untuk menghindari angin atau agas.

Bagaimana untuk mencapai Selimpai? Dari Pontianak Pantai Selimpai memang cukup jauh, dengan perjalanan tanpa berhenti mungkin dibutuhkan waktu 8 jam. Dari Pontianak kita bisa menggunakan bus antar kota menuju Sambas selama 5 jam. Dari Sambas ke Telok Kalong menggunakan ojek selama 1 jam. Telok Kalong adalah sebuah dermaga penyebrangan. Di dermaga ini tersedia sarana penyebrangan orang maupun kendaraan ke kota Kecamatan Sekura. Dari Sekura kita dapat menggunakan angkutan desa yang langsung menuju desa Sebubus, Paloh. Untuk menyebrangi sungai Paloh, kita dapat menggunakan perahu dari dermaga Merbau, Desa Jeruju, atau Setinggak.

Sebelumnya -> Pantai Selimpai - Paloh (1)

No comments:

Post a Comment