Breaking

Friday, March 1, 2013

Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia yang merupakan negara kepulauan juga memiliki sungai-sungai yang panjang di beberapa pulau terbesarnya. Sungai-sungai tersebut kebanyakan menjadi pusat peradaban masyarakat Indonesia sejak zaman kerajaan dahulu. Berikut ini adalah tujuh sungai terpanjang di Indonesia yang nama-namanya sebenarnya tidak asing di telinga kita. Ketujuh sungai tersebut adalah:

Sungai Kapuas (Kalimantan)
Sungai Kapuas atau Sungai Batang Lawai yang mengalir di Propinsi Kalimantan Barat adalah sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas memiliki panjang total 1.143 km. Sumber air sungai kapuas berasal dari Pegunungan Muller dan anak sungai terbesarnya (Sungai Melawi) yang  berasal dari pegunungan Schwaner. Muara Sungai Kapuas membentuk delta yang besar dimana kota Pontianak berada saat ini. Delta sungai ini membagai sungai Kapuas menjadi 3 aliran utama yang bermuara pada laut Jawa dan Selat Karimata.

Sungai Mahakam (Kalimantan)
Sungai Mahakam dengan panjang total 920 km merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia. Sungai ini mengalir di propinsi Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Makassar. Selain membelah kota Samarinda, sungai Mahakam juga mengalir di Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. Sumber air sungai ini sama dengan sumber air sungai Kapuas di Kalimantan Barat, yaitu pegunungan Muller. Sungai ini merupakan habitat Pesut Mahakam, yaitu lumba-lumba air tawar yang hanya dapat di temukan di Kalimantan.

Sungai Barito (Kalimantan)
Sungai Barito disebut juga Sungai Dusun, atau Sungai Banjar Besar, atau Sungai Banjarmasin dan terkadang disebut juga sebagai Sungai Banjar dan Sungai China. Panjangnya yang mencapai 900 km menjadikan sungai ini sebagai sungai terpanjang ke tiga di Indonesia. Selain termasuk sungai terpanjang, Sungai Barito merupakan sungai dengan lebar paling besar diantara semua sungai di Indonesia. Hulu sungai ini terdapat di Pegunungan Muller, melintasi provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, kemudian bermuara di Laut Jawa.

Sungai (Batang) Hari (Sumatera)
Sungai Hari atau Batang Hari dengan panjang mencapai 800 km menempati urutan ke-empat, adalah sungai terpanjang di pulau Sumatera. yang berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala, Jambi. Sungai Batanghari melintasi provinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Sungai Musi dan Jembatan Ampera (Sumatera)
Sungai Musi merupakan salah satu sungai yang sangat terkenal di Indonesia karena keberadaan jembatan Ampera-nya yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Sungai dengan panjang 759 km, menempati urutan ke-lima. Disebut juga sebagai sungai Batanghari Sembilan (yang berarti: sembilan sungai besar). Sungai ini membelah provinsi Sumatera Selatan dari timur ke barat termasuk membelah kota Palembang, ibu kota Sumatera Selatan.  Sumber air (hulu) Sungai Musi berada di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dan mengalir hingga Laut Bangka.

Sungai Mamberamo (Papua)
Sungai Mamberamo yang terletak di Papua merupakan sungai terpanjang ke-enam dengan panjang sungai mencapai 670 km. Sungai ini mengalir di kabupaten Sarmi disebelah selatan Pegunungan Foja dan bermuara di Tanjung D’Urville di pesisir utara Pulau Papua yang berbatasan dengan samudera Pasifik. Sungai Mamberamo memiliki lembah yang kaya akan keanekaragam hayati dan menjadi tempat mukim berbagai suku terasing sehingga dijuluki ‘Amazonnya Papua’.

Sungai Bengawan Solo (Jawa)
Bengawan Solo menempati urutan ke-tujuh terpanjang di Indonesia,  dengan panjang mencapai 548 km merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa . Hulu Bengawan Solo terdapat di daerah Pegunungan Kidul di Wonogiri, Jawa Tengah dan bermuara di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
Adbox