Breaking

Thursday, July 4, 2013

Kenapa mendaki gunung?

Kenapa anda mendaki gunung? Pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan yang menggelitik banyak pendaki gunung, apa yang mau dijawab! Kenapa tidak nonton tv dirumah, guling-guling di tempat tidur, atau jalan-jalan keliling kota?
Kenapa gunung? Dingin, hujan, panas terik, semak dan duri, serangga, jalan menanjak, berlumpur, berbatu dan sebagainya-sebagainya, lalu kenapa gunung?
Saat George Mallory ditanyakan pertanyaan ini dia menjawab "Because it's there", singkat, padat dan sama sekali tidak jelas (menurut saya setelah membaca beberapa ulasannya). Tapi terima atau tidak, kata-kata beliau ini termasuk yang paling terkenal di dunia pendakian gunung.

Saat Soe Hok Gie diberikan pertanyaan yang sama, di menjawab dengan kalimat satu paragraf yang berisi sikap patriotisme seorang pemuda Indonesia terhadap negaranya (silahkan browsing sendiri kata-katanya Gie). Lalu, bagaimana dengan kamu? Atau saya mulai dari diri saya sendiri! Kenapa saya mendaki gunung? Seperti yang saya katakan diatas, saya termasuk yang tergelitik dengan pertanyaan ini dan mungkin saya tidak bisa berkata-kata seperti seorang politikus seperti misalnya dengan mengatakan yang sama seperti Gie katakan. Kalau Gie yang ngomong pada zamannya, saya percaya, tapi kalau ada orang pada zaman sekarang menjawab pertanyaan ini dengan kata-kata Gie, yakinlah dia berbakat untuk jadi politikus.

Dengan jujur saya katakan bahwa saya hanya ingin menjejakkan kaki ke tanah-tanah tertinggi itu, menikmati indahnya alam yang luar biasa, merasakan bangga telah berada disana, merasa "saya bisa" menggapai puncaknya. Simple saja! Bagaimana dengan anda? Apakah anda Gie zaman sekarang?

No comments:

Post a Comment