Breaking

Monday, September 16, 2013

Kesehatan mulut : Kesehatan seluruh tubuh

Kesehatan mulut Anda lebih penting daripada yang mungkin Anda sadari. Dapatkan fakta-fakta tentang bagaimana kesehatan mulut , gigi dan gusi dapat mempengaruhi kesehatan umum Anda .

Apakah Anda tahu bahwa kesehatan mulut Anda dapat menyajikan sejumlah petunjuk tentang kesehatan Anda secara keseluruhan - atau bahwa masalah di mulut Anda dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda ? Pahami hubungan erat antara kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri.

Apa hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan?

Seperti banyak dari bagian tubuh, mulut Anda penuh dengan bakteri - sebagian besar  dari mereka tidak berbahaya. Biasanya pertahanan alami tubuh dan perawatan kesehatan mulut yang baik, seperti menyikat gigi, membersihkan sela gigi dengan tali dan berkumur setiap hari, dapat menjaga bakteri ini tetap terkontrol. Namun, tanpa kebersihan mulut yang tepat , bakteri dapat mencapai tingkat yang mungkin menyebabkan infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi .

Selain itu, obat-obatan tertentu - seperti dekongestan, antihistamin, obat penghilang rasa sakit dan diuretik - dapat mengurangi aliran air liur. Air liur berperan dalam menyapu makanan dan menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut, membantu melindungi Anda dari invasi mikroba berlebih yang mungkin menyebabkan penyakit .

Studi juga menunjukkan bahwa bakteri mulut dan peradangan yang terkait dengan periodontitis - bentuk parah dari penyakit gusi - mungkin memainkan peran dalam beberapa penyakit. Selain itu, penyakit tertentu, seperti diabetes dan HIV / AIDS , dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi , sehingga menyebabkan masalah kesehatan mulut yang lebih parah .


Kondisi apa yang mungkin terkait dengan kesehatan mulut ?

Kesehatan mulut Anda dapat mempengaruhi, dipengaruhi oleh, atau berkontribusi terhadap berbagai penyakit dan kondisi, termasuk :

Endokarditis
Endokarditis adalah infeksi lapisan dalam jantung (endocardium ) . Endokarditis biasanya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian lain dari tubuh Anda, seperti mulut , menyebar melalui aliran darah dan menempel pada kawasan yang rusak di dalam hati Anda.

Penyakit kardiovaskular.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit jantung, arteri tersumbat dan stroke dapat dikaitkan dengan peradangan dan infeksi yang dapat di sebabkan oleh bakteri mulut.

Kehamilan dan kelahiran
Periodontitis telah dikaitkan dengan kelahiran prematur dan berat lahir rendah.

Diabetes
Diabetes mengurangi daya tahan tubuh terhadap infeksi - menjadikan gusi beresiko . Penyakit gusi tampaknya lebih sering dan parah di kalangan orang-orang yang menderita diabetes . Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki penyakit gusi mengalami kesulita mengontrol kadar gula darah mereka.

HIV / AIDS .
Masalah gigi , seperti lesi mukosa menyakitkan, yang umum pada orang yang memiliki HIV / AIDS.

Osteoporosis . Osteoporosis - yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh - dapat dihubungkan dengan kehilangan tulang periodontal dan kehilangan gigi.

Penyakit Alzheimer
Gigi rugi sebelum usia 35 mungkin menjadi faktor risiko penyakit Alzheimer.

Kondisi-kondisi lain . Kondisi lain yang mungkin terkait dengan kesehatan mulut termasuk sindrom Sjogren - gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan mulut kering - dan gangguan makan.

Karena hubungan ini potensial, pastikan untuk memberitahu dokter gigi Anda jika Anda mengambil obat atau memiliki perubahan dalam kesehatan Anda secara keseluruhan - terutama jika Anda sudah punya penyakit baru atau Anda memiliki kondisi kronis, seperti diabetes .

Bagaimana saya bisa melindungi kesehatan mulut saya?

Untuk melindungi kesehatan mulut Anda, jagalah kebersihan mulut anda setiap hari. Sebagai contoh:
Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari .
Bersihkan dengan tali gigi setiap hari.
Makan makanan yang sehat dan batasi camilan di antara jam makan .
Ganti sikat gigi Anda setiap tiga sampai empat bulan atau lebih cepat jika bulu usang .
Periksa gigi secara teratur .
Juga, hubungi dokter gigi Anda sesegera mungkin saat muncul masalah kesehatan mulut.
Ingat , merawat kesehatan mulut Anda adalah investasi dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sumber: http://www.mayoclinic.com

No comments:

Post a Comment

Adbox