Perawatan kulit: 5 tips untuk kulit yang sehat

Anda tidak punya waktu untuk perawatan kulit intensive? Buat diri anda nyaman dengan cara yang paling dasar. Perawatan kulit yang baik dan pilihan cara hidup yang sehat dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah berbagai masalah kulit. Mulailah dengan lima langkah yang sederhana berikut ini.

Lindungi diri anda dari sinar matahari
Satu cara yang paling penting dalam merawat kulit anda adalah dengan melindungi nya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari seumur hidup dapat menyebabkan keriput, binti-bintik usia dan berbagai masalah kulit lainnya-serta meningkatkan resiko kanker kulit.

Untuk perlindungan dari matahari paling lengkap adalah sebagai berikut:

Gunakan tabir surya. Gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 15. Ketika Anda berada di luar ruangan, atau gunakan kembali tabir surya setiap dua jam - atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.

Berteduh. Hindari sinar matahari pada pukul 10:00-04:00, ketika sinar matahari berada pada intensitas paling kuat.

Kenakan pakaian pelindung. Tutup kulit Anda dengan kemeja lengan panjang, celana panjang dan topi bertepi lebar.

Jangan merokok
Merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan sangat kontribusi terhadap munculnya keriput. Merokok menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, yang mengurangi aliran darah. Hal ini menyebabkan kurangnya oksigen dan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit. Merokok juga merusak jaringan kolagen dan elastin - serat yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Selain itu, ekspresi wajah yang berulang pada saat merokok - seperti mengerucutkan bibir Anda saat menghirup dan menyipitkan mata Anda untuk menjaga keluar asap - dapat mempercepat pembentukan keriput.

Jika Anda merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah berhenti merokok. Tanyakan kepada dokter Anda untuk kiat-kiat atau perawatan untuk membantu Anda berhenti merokok.

Rawat kulit Anda dengan lembut
Setiap hari kulit dibersihkan saat kita mandi, atau saat kita bercukur. Untuk Merawatnya dengan lembut:

Batasi waktu mandi. Air panas dan shower terlalu lama dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda. Batasi durasi waktu mandi Anda, gunakan air hangat - bukan air panas.

Hindari sabun yang terlalu kuat. Sabun dan deterjen yang kuat dapat membuang minyak dari kulit Anda. Sebaliknya, pilihlah pembersih yang ringan.

Bercukur dengan hati-hati. Untuk melindungi dan melumasi kulit Anda, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum bercukur. Untuk mencukur, gunakan pencukur yang bersih, pisau cukur yang tajam. Mencukur menurut arah tumbuh rambut, bukan melawannya.

Keringkan. Setelah mencuci atau mandi tepuk dengan lembut bagian kulit kering Anda dengan handuk sehingga kelembaban tetap terjaga pada kulit Anda.

Melembabkan kulit kering. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.


Makan makanan yang sehat
Diet sehat dapat membantu Anda terlihat dan merasa menjadi diri anda yang terbaik. Banyak makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein. Hubungan antara diet dan jerawat tidak jelas - tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C dan rendah lemak sehat dan karbohidrat olahan dapat membuat kulit terlihat lebih muda.

Kelola stres
Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk mendorong kulit yang sehat - dan keadaan  pikiran sehat - ambil langkah-langkah yang perlu untuk mengelola stres Anda. Tetapkan batas yang wajar, skalakan kembali to-do list anda dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda senangi. Hasilnya mungkin akan lebih dramatis dari yang Anda harapkan.

Post a Comment for "Perawatan kulit: 5 tips untuk kulit yang sehat"