Breaking

Thursday, January 30, 2014

Mari Bicara tentang Polutan dalam Ruangan

Apakah polutan dalam ruangan merupakan masalah yang nyata, atau ini hanya isu kesehatan untuk menakut-nakuti saja?

Berdasarkan US Environmental Protection Agancy, udara dalam ruangan bisa sangat berpolusi dibandingkan dengan udara luar ruangan, dan sayangnya kualitas udara dan kesehatan berhubungan erat. Radon, yaitu gas radioaktif yang biasa ditemukan di dalam ruangan, bertanggung jawab atas banyak sekali kematian akibat kanker paru-paru -- sekitar 20.000 orang di Amerika serikat setiap tahun -- daripada penyebab lain setelah rokok. Asma mempengaruhi sekitar 23 juta orang, termasuk lebih dari 6 juta anak-anak, dan bertanggung jawab atas hampir 2 juta kunjungan ruang gawat darurat setiap tahun. Hal-hal tersebut dan banyak lagi masalah kesehatan serius secara langsung dihubungkan dengan kualitas udara dalam ruangan.

Sepertinya tidak ada masalah dengan saya, jadi sepertinya saya baik-baik saja di sini.

Jangan terlalu yakin. Radon, misalnya, adalah gas tak berbau dan tak terlihat yang mengalir dari ruang bawah tanah, lantai beton dan sumber-sumber lain. Karbon monoksida, pembunuh senyap lainnya, juga tidak berbau dan tidak berwarna. Cendawan dapat tersembunyi di belakang dinding yang kering dan tumbuh perlahan di dalam ruangan. Polutan dalam ruangan lain yang potensial, seperti asbes dan pestisida, sama-sama sulit dideteksi oleh orang awam.

Bagaimana agar saya dapat menyadari jika saya menghirup polutan dalam ruangan?

Peralatan tes radon sederhana di rumah akan membantu Anda dengan harga kurang dari $25 -- murah, dibandingkan dengan harga perawatan kesehatan akibat kanker paru-paru. Peralatan tes radon dapat dipesan secara online atau dibeli di hampir semua toko perkakas yang besar. Detektor asap di rumah juga dapat menyensor karbon monoksida; jika tidak bisa, ganti mereka dengan peralatan lain yang dapat mendeteksi keduanya, baik asap maupun karbon monoksida. Polutan lain, seperti cendawan dan formaldehid, mungkin membutuhkan pelayanan dari auditor rumah profesional.

Dari mana polutan-polutan dalam ruangan berasal?

Polutan dalam ruangan dapat berasal dari banyak sekali sumber. Karbon monoksida, misalnya, biasanya merupakan hasil dari panas pembakaran yang dihasilkan oleh perapian, pemanas ruangan, rokok atau asap knalpot yang memasuki bangunan. Senyawa organik yang mudah menguap (Volatile organic compound atau disingkat VOC) dapat dihasilkan oleh cat, toner mesin fotokopi, perekat karpet, disinfektan dan barang-barang rumah tangga biasa lainnya seperti tirai kamar mandi dan pengharum ruangan. Asbes biasa ditemukan di ubin langit-langit, ubin lantai dan sekat dari bangunan tua. Dan gas radon merupakan gas yang secara alami terbentuk dan menyebar ke atas dari bawah tanah.

Untung saya tinggal dan bekerja di bangunan baru.

Bangunan baru tidak selalu aman dari polusi udara dalam ruangan -- faktanya, banyak bangunan baru yang mengandung ratusan produk yang mengandung VOC dan bahan kimia lain dalam jumlah yang cukup banyak. Karpet baru dan perekat karpet, cat dan vernis baru, perabot baru dan sistem panel yang dibuat dengan papan partikel, dan kain yang digunakan untuk pelapis dan gorden, semuanya dapat memberikan kontribusi atas munculnya "sindrom bangunan sakit" atau sick building syndrome, dimana sakitnya para penghuni bangunan disebabkan oleh bangunan itu sendiri.

Membuka jendela pasti membantu, kan?

Ya, jika Anda adalah salah satu orang beruntung yang berkerja dalam kantor dengan jendela terbuka. Tapi ada kemungkinan jendela Anda tidak dapat dibuka, atau ditutup untuk beberapa minggu selama cuaca terlalu panas atau terlalu dingin. Pada banyak kasus, 3 cara terbaik untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan adalah dengan menghilangkan sumber polutan, memberikan ventilasi yang memadai di dalam bangunan, dan menyaring persediaan udara di dalam bangunan.

Itu terdengar mahal. Apakah meningkatkan kualitas udara dalam ruangan mahal?

Tidak selalu, tergantung dari permasalahan dan sumbernya. Langkah-langkah sederhana seperti pelarangan mesin yang menganggur di dekat ventilasi asupan udara bangunan, atau dengan membuka jendela saat cuaca bagus, tidak mengeluarkan biaya. Bangunan baru mungkin hanya memerlukan peningkatan sementara di ventilasi untuk membebaskan gas VOC tingkat tinggi dan polutan lain yang ada pada karpet baru dan barang-barang lainnya. Namun penghilangan asbes dan pembersihan cendawan dapat sangat mahal dan memakan waktu.

Bisakah pemurni udara membersihkan udara?

Beberapa pemurni udara efektif dalam menghilangkan polutan seperti asap, namun hampir tidak ada yang efektif untuk menghilangkan gas-gas berbahaya seperti radon dan karbon monoksida. Biaya dan kesulitan dalam meningkatkan kualitas udara dalam ruangan merupakan satu alasan bagi banyak orang untuk mempertimbangkan arsitektur hijau dengan serius, yang memperhatikan kualitas udara dalam ruangan sebagai salah satu faktor terpenting dalam desain bangunan hijau.

No comments:

Post a Comment

Adbox