Breaking

Tuesday, January 28, 2014

Rumah Sejuk tanpa Air Conditioner

Air conditioner (AC) adalah salah satu alat elektronik yang sangat rakus terhadap listrik. AC memang sangat efektif mendinginkan rumah Anda, namun mungkin akan terasa sangat panas di kantong Anda. Namun sebenarnya kita dapat menjaga kita tetap dingin tanpa AC. Cukup dengan menerapkan beberapa prinsip rumah ramah lingkungan, kita bisa tetap merasa dingin dan akan membantu Anda untuk menghemat uang.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyejukkan rumah kita tanpa AC misalnya:
1 . Perbaiki sirkulasi udara
Hal yang paling dasar yang dapat Anda lakukan untuk menjaga rumah Anda tetap sejuk tanpa AC adalah memperlancar sistem sirkulasi udara dalam. Sirkulasi udara yang baik akan membuat suhu udara tetap stabil, sesuai dengan prinsip tekanan udara, udara panas mengalir keluar rumah digantikan udara yang lebih sejuk. Pada siang hari , buka jendela selebar mungkin (sebaiknya jendela rumah Anda di lengkapi dengan teralis). Sebagai tambahan Anda dapat menggunakan kipas angin. Dalam hal pendinginan , bahkan angin satu mil - per - jam akan membuat Anda merasa 3-4 derajat lebih dingin.

2 . Jadikan kipas angin anda sebuah AC
Cara lain yang mudah untuk mendinginkan rumah Anda tanpa AC adalah untuk menempatkan semangkuk es atau susu kendi beku di depan salah satu atau lebih banyak kipas angin. Tapi cara ini mungkin jadi agak mahal juga.

3 . Apa yang Panas di Rumah Anda ?
Kira-kira alat apa yang menyebabkan naiknya suhu di rumah Anda. Beberapa alat yang mungkin menimbulkan panas misalnya komputer, setrikaan. Sebaiknya gunakan peralatan-peralatan penghasil panas tersebut pada saat udara tidak terlalu panas.

4 . Gunakan lampu neon
Lampu pijar menghasilkan panas jauh lebih banyak daripada lampu neon, karena itu gunakan lampu neon agar suhu rumah tetap sejuk. Matikan lampu jika tidak digunakan.

5 . Jaga level kelembaban
Kelembaban membuat ruangan menjadi panas. Mencuci baju sebaiknya dilakukan pada awal atau di akhir hari. Sebaiknya Anda mandi pada waktu udara sedang dingin. Jika anda sedang ingin membangun rumah, pastikan kamar mandi, ruang cuci , atau dapur memiliki ventilasi yang memadai.

6 . Tutupi loteng Anda
Sebuah loteng yang terisolasi dapat membuat rumah anda lebih sejuk. Panas dari matahari yang diserap atap biasanya akan membuat ruangan dalam rumah menjadi panas dan pengap. Dengan mengisolasi (memberikan dek), panas tidak akan terlalu terasa di ruangan rumah anda.

7 . Rencanakan lanskap
Membuat halaman rumah yang ekologis adalah pendukung terpenting dalam membuat suhu udara rumah yang ideal.  Tanamlah beberapa pohon dengan daun rindang dan tidak terlalu tinggi, jika anda memiliki halaman yang cukup luas. Pohon-pohon tersebut dapat menjadi sumber udara dingin yang mengalir ke dalam rumah anda. Jangan menempatkan benda-benda yang dapat menyerap panas terlalu dekat dengan bangunan rumah Anda, seperti batu, perkerasan semen atau aspal.

Demikianlah tips singkat ini, harap maklum jika banyak kekurangan. Semoga bermanfaat.

3 comments:

Adbox