Breaking

Monday, March 10, 2014

Panel Surya Perovskites, Murah dan Efisien

Sejumlah ilmuan saat ini sedang meneliti mineral perovskit, yaitu bahan alternatif yang potensial untuk dijadikan bahan baku sel tenaga surya yang murah. Keuntungan yang di tawarkan bahan Perovskites adalah harga yang sangat murah dan memiliki sifat menangkap cahaya serta konduktivitas yang baik . Keuntungan yang ditawarkan perovskites ditawarkan adalah biaya produksi murah dikombinasikan dengan efisiensi yang baik dalam produksi energi .
Versi percobaan laboratorium saat ini sel surya berbasis perovskit memiliki efisiensi sekitar 15 persen . Meskipun ada sel surya lainnya yang memiliki efisiensi yang lebih besar , angka untuk sel perovskit lebih tinggi daripada metode murah lainnya.

Keuntungan penggunaan bahan perovskit adalah bahan ini membutuhkan proses manufaktur yang tidak terlalu intensif. Sementara fabrikasi sel surya berbasis silikon membutuhkan pengolahan yang cermat dan mahal dari silikon biasa ke tingkat kemurnian yang tinggi ( belum lagi intensitas energi  untuk proses manufakturnya) , sel surya menggunakan perovskites dibuat dengan cara menyemprotkan bahan-bahan mineral tersebut ke bahan gelas  atau foil substrat logam , secara sederhana dapat dikatakan  sebagai " sel surya [ yang ] dapat dibuat semudah lukisan permukaan . "

Sel surya berbasis perovskit mungkin dapat diproduksi dengar harga 10 sampai 20 sen per watt , dibandingkan dengan listrik yang disediakan panel surya dengan harga sekitar 75 sen per watt.

Sumber:
http://www.technologyreview.com/
Kredit Gambar:

No comments:

Post a Comment

Adbox