• Petualangan dan Lingkungan

    Friday, April 4, 2014

    Pulau Diego Garcia dan MH370

    Pulau Diego Garcia, jauh dari semua daratan (Gambar: Google Earth)
    Hilangnya pesawat Malaysia Airlines masih menyisakan misteri hingga hari ini, bahkan dari pihak pemerintah Malaysia sendiri mengungkapkan pernyataan yang pesimistis bahwa kemungkinan misteri pesawat MH370 tidak akan terungkap. Informasi yang terkesan di tutup-tutupi oleh pemerintah Malaysia membuat subur berbagai spekulasi yang berkembang dalam benak masyarakat dunia. Dari berbagai spekulasi tersebut, satu cerita yang menarik adalah bahwa pesawat MH370 telah dibajak dan didaratkan di Pulau Diego Garcia.


    Pulau Diego Garcia membuat misteri hilangnya MH370 Malaysia Airlines semakin menarik, karena pulau ini sendiri mungkin memiliki banyak rahasia yang menjadi misteri bagi masyarakat dunia, terutama terkait dengan militer Amerika. Pulau ini adalah salah satu dari banyak pangkalan militer Amerika Serikat di seluruh dunia.

    Pulau Diego Garcia adalah sebuah pulau karang kecil dengan pemandangan yang indah seluas 44 km persegi . Pulau ini terletak di tengah-tengah samudra Hindia, jauh dari daratan manapun di tepi samudra. Pulau ini pertama kali ditemukan oleh seorang Portugis yang bernama Diego Garcia pada tahun 1512. Usai perang Napoleon pada tahun 1814, pulau ini menjadi milik Kerajaan Inggris. Pada perang dunia kedua, pulau ini dijadikan markas angkatan udara Inggris untuk misi pengintaian dan perburuan kapal selam dan kapal perang Jepang.

    Pada tahun 1966 Inggris mengizinkan Amerika untuk membangun pangkalan militer di Pulau Diego Garcia. Pulau ini menjadi tempat penyimpanan beberapa kapal perang pembom strategis dan suplai logistik.

    Banyak orang percaya bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 telah dibajak karena anomali perubahan rute pesawat tersebut. Data satelit menunjukkan bahwa pesawat dengan 227penumpang tersebut mengalihkan jalur penerbangan dari rute tujuan Beijing bergerak kearah barat. Pesawat terbang di antara wilayah radar yang menjadi daerah abu-abu. Beberapa kesaksian nelayan beberapa negara mengungkapkan bahwa mereka melihat pesawat yang mirip dengan penampakan MH370 yang terbang rendah di atas mereka. Hal ini memperkuat spekulasi bahwa pesawat tersebut terbang sambil menghindari radar. Jika dilihat berdasarkan volume bahan bakar yang dimiliki pesawat tersebut, maka Pulau Diego Garcia masih dalam jangkauan MH370.

    Meskipun ada laporan yang menyebutkan bahwa smartphone salah satu penumpang mengirimkan sinyal dan ada salah satu penumpang yang mengirim pesan tentang penahanan mereka di pulau Diego Garcia, informasi tentang pesawat tersebut akan tetap menjadi misteri hingga pesawat atau serpihannya ditemukan.

    2 comments:

    1. jadi MH370 memang benar-benar hilang dan sampai saat ini betul ditumkan?

      ReplyDelete
      Replies
      1. sampai hari ini sudah januari 2015 masih belum ketemua gan...

        Delete

    Fashion

    Beauty

    Travel