Breaking

Sunday, February 8, 2015

Kawasan Wisata Tanjung Bajau Singkawang

Tanjung Bajau adalah salah satu destinasi wisata di Kalimantan Barat yang boleh dikatakan baru, kawasan ini menghadirkan pilihan baru tempat wisata yang lebih segar dengan kombinasi wisata pantai dan pegunungan. Selain wisata alam, kawasan Tanjung Bajau juga diperkaya dengan macam-macam atraksi lain seperti koleksi satwa langka mulai dari jenis mamalia besar seperti gajah, hingga jenis-jenis ikan.

Harga tiket masuk kawasan wisata ini juga tidak terlalu mahal, dengan tiket seharga Rp. 30,000 kita bisa menikmati berbagai atraksi yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah gambaran beberapa atraksi yang terdapat di dalam kawasan wisata Tanjung Bajau.

Wisata Pantai

Taman Wisata Pantai berpasir dan berbatu Tanjung Bajau Singkawang
Pantai Berpasir dan Berbatu Tanjung Bajau Singkawang
Pantai di Kawasan Tanjung Bajau terdiri dari pantai berpasir dan pantai berbatu, kombinasi dua jenis substrat tersesebut menjadikan pantai ini tidak membosankan untuk dikunjungi atau sekedar bermain-main di sekitarnya. Letaknya yang relatif jauh dari muara sungai besar menjadikan airnya terlihat biru kehijauan dan bersih. Ombak yang relatif kecil juga aman untuk menjadi tempat bermain bagi pengunjung dari semua usia.

Koleksi Ikan Langka

Koleksi Ikan Langka Kawasan Wisata Tanjung Bajau Singkawang
Aquarium Ikan Tanjung Bajau Singkawang
Koleksi ikan langka di kawasan wisata Tanjung Bajau berada tidak jauh dari pantai Tanjung Bajau, koleksi ikan tersebut berada dalam bangunan unik yang berbentuk ikan hiu raksasa. Beberapa jenis ikan yag terdapat dalam koleksi kawasan wisata Tanjung Bajau yaitu ikan Alligator, Ikan Paku Merah (asal Brazil), Belut, dan lain sebagainya. Kita juga bisa melihat beberapa koleksi kura-kura besar yang terdapat di kolam-kolam didekat bangunan ikan hiu tersebut.

Wisata Perbukitan Rindu Alam

Gunung Besar Taman Rindu Alam Tanjung Bajau Singkawang
Pemandangan dari Taman Rindu Alam Tanjung Bajau Singkawang
Kawasan Gunung Besar yang memanjang dari daratan Singkawang Selatan berujung di kawasan Tanjung Bajau yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Kawasan perbukitan ini masih memiliki sedikit hutan lebat yang sejuk, kawasan wisata berhutan di atas Gunung Besar ini lebih dikenal sebagai Taman Wisata Rindu Alam. Pada saat-saat tertentu jika Anda beruntung, anda bisa merasakan berada didalam awan karena tempat ini cukup tinggi.

Kebun Binatang

Koleksi harimau, singa, kucing hutan, macan dahan, gajah
Harimau - Koleksi Hewan Langka Tanjung Bajau Singkawang
Kebun Binatang di Kawasan Tanjung Bajau sebenarnya adalah kebun binatang yang lebih dikenal sebagai Sinka Zoo yang berada di kawasan Teluk Mak Jantu atau Sinka Islan. Namun karena objek wisata ini dapat kita nikmati satu paket dengan kawasan Tanjung Bajau, jadi kita anggap kawasan ini termasuk dalam kawasan wisata Tanjung Bajau. Beberapa jenis satwa yang dapat kita lihat di kawasan kebun Binatang ini misalnya Burung Merak, berbagai jenis kera, beruang madu, buaya, gajah, macan dahan, harimau, bahkan singa.

Masih banyak atraksi wisata lain yang bisa kita lihat di kawasan wisata Tanjung Bajau, tulisan ini hanya memberikan gambaran umum tentang kawasan ini. Mari sampaikan kepada dunia bahwa Kalbar juga memiliki banyak potensi wisata menarik.

1 comment:

  1. Diantara obyek wisata di kota Singkawang, sepertinya saye belum pernah menginjakkan kaki di Tanjung Bajau. Kalau ga salah lokasinya sebelah sananya Pantai Pasir Panjang ya Bro? Seberang SPBU.

    ReplyDelete

Adbox