Breaking

Friday, February 20, 2015

Service Kamera DSLR di Pasar Baru Jakarta

Sedang asik-asiknya hunting dan refreshing di Kebun Raya Bogor minggu lalu (14 Feb 2015), tiba-tiba kamera Conan dinda Error 01. Mematikannya hanya menyembuhkan sementara, satu atau dua kali foto, setelah itu, Error 01 lagi. Akhirnya sisa waktu jalan-jalan, piknik dan hunting di Kebun Raya dilewati dibawah teror error di kamera Conan dinda.

Berhari-hari (perharinya paling beberapa menit) mencari tempat untuk service kamera, saya tidak juga menemukan tempat service kamera di kota Bogor, kalaupun ada tempatnya di Citereup yang saya enggan untuk mencari tempatnya, agak ribet. Setelah dipikir-pikir, kenapa tidak mencari tempat di Jakarta. Toh dekat juga dari Bogor ke Jakarta.
Pilihan pertama muncul adalah di datascr*p, tapi cukup banyak review negatif tentang service center ini, walaupun ada yang bilang juga bisa jadi komentar negative itu adalah "blackcampaign", sayangnya kampanye tersebut berhasil. Sebenarnya point yang saya hindari adalah masalah biaya service yang sepertinya agak tinggi, karena garansi kamera Dinda sudah habis dan seperti umumnya di service center resmi, layanannya memang mahal. Memang ada resiko yang bisa dihindari dengan membawa kamera yang sakit ke service center, misalnya resiko kerusakan yang semakin parah, namun karena masalah kantong juga, saya urung ke service center.

Googling lagi, saya menemukan tempat yang bagus di kawasan Pasar Baru, ada banyak pilihan tempat di Plaza tersebut untuk menservice kamera, tapi setelah membaca review dari beberapa blog dan forum fotografi, pilihan saya jatuh ke AzzahraCamera. Beberapa artikel tentang pengalaman service dan portal berita mengatakan jasa layanan di toko service ini relatif baik, karena itu saya putuskan untuk membawa si Conan ke toko tersebut.

Toko AzZahra Camera - Pasar Baru, Jakarta
Kemarin berangkat ke Jakarta, saya langsung ke Plaza Metro Atom dan  langsung mencari toko service kamera AzZahra. Tanpa banyak "cincong" saya langsung menyampaikan masalah Error01 pada kamera Canon dinda yang baru tadi saya beri nama Conan :p. Setelah cek sebentar, disimpulkan masalah pada kamera dinda adalah kabel fleksibel pada lensa rusak, jadi harus diganti. Setelah pas dengan harga servicenya, kamera langsung di bedah, diganti kabelnya. Saya juga sekalian membersihkan jamur dengan tambahan biaya cepe'. Alhamdulillah, sekarang si Conan sudah sehat lagi. Walaupun jamur pada bagian depan lensa yang "fix" tidak bisa dibersihkan karena di khawatirkan lensa bisa misfocus kalau diganggu.

Untuk masalah kabel fleksibel memang punya umur kadaluarsa yang tidak bisa kita hindari, tetapi untuk masalah jamur, seharusnya bisa kita hindari. Cara menghindarkan kamera kita dari jamur adalah dengan menyimpannya di dalam drybox, kalau drybox terlalu mahal, kita bisa menyimpan kamera didalam wadah tertutup dan menempatkan silica gel di dalam wadah tersebut untuk menyerap air dari udara sehingga udaranya tetap kering dan kamera terhindar dari jamur.

Nah, demikianlah sedikit sharing saya tentang pengalaman service kamera di jakarta. Semoga bermanfaat buat teman-teman fotografer (utamanya pemula seperti saya) di Jabodetabek.

1 comment:

  1. Klo ganti karet kamera canon 550d, kena biaya brp gan ?

    ReplyDelete

Adbox