Breaking

Friday, March 30, 2012

Makanan Pemacu Penuaan

Banyak orang yang ingin awet muda, tapi kenyataannya tidak ada manusia yang awet muda.  Semua harus mengikuti siklus alam yang selalu berputar, dan semua manusia juga pasti akan menjadi tua.  Secara fisik, proses penuaan dapat terlihat jelas pada wajah dan tubuh manusia. Saya yakin kita tahu bersama penuaan tidak dapat dicegah, tapi kita dapat memperlambatnya.  Namun terkadang beberapa orang diantara kita justru memiliki prilaku yang malah mempercepat penuaan. Diantara prilaku-prilaku tersebut adalah prilaku makan.  Prilaku makan yang buruk terkait dengan pilihan makanan kita, berikut adalah makanan-makan yang sebaiknya kita hindari agar tidak mengalami percepatan penuaan.

Terlalu banyak gula
    Tubuh kita memerlukan gula sebagai sumber energi, namun terlalu banyak gula akan menyebabkan gangguan terhadap tubuh kita.  Terlalu banyak gula membuat tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap obesitas, sindrom metabolisme, diabetes, dan telah dibuktikan bahwa terlalu banyak gula dapat menyebabkan jerawat.  Makanan dengan kadar gula tinggi antara lain minuman kaleng bersoda, permen, snack dan syrup.

Minyak goreng
    Minyak goreng yang dimaksud adalah minyak goreng yang mengandung asam lemak omega-6.  Banyak rumah dan restoran yang menggoreng makanan dengan minyak goreng yang mengandung lebih banyak asam lemak omega-6 daripada omega-3.  Minyak ini dapat memicu penyakit jantung dan kanker.  Minyak dengan asam lemak omega-6 banyak digunakan dalam pengolahan makanan kemasan, jadi perhatikan berapa banyak anda mengkonsumsi makanan dalam kemasan.

Asam lemak trans
    Asam lemak trans terkenal karena efek buruk ganda mereka: mereka meningkatkan kadar kolesterol 'buruk', sambil menurunkan kadar kolesterol 'baik'.  Asam lemak trans juga telah diketahui dapat merangsang peradangan, obesitas dan resistensi terhadap insulin, menjadi  dasar berkembangnya penyakit degeneratif.  Asam lemak trans fat dapat kita temui pada makanan yang beberapa kali digoreng, makanan cepat saji, dan makanan komersil yang dipanggang.

Produk daging dari peternakan perbesaran
    Hewan-hewan ternak dari luar negeri biasanya dibesarkan dengan makanan dari jagung yang banyak mengandung asam lemak omega 6, lingkungan yang sempit membuat ternak tersebut juga tidak mendapat makanan yang lebih beragam.  Lebih buruk lagi, untuk membuat mereka tumbuh lebih cepat dan menghindarkan mereka dari penyakit, ternak-ternak tersebut disuntik dengan hormon dan diberi makanan yang dicampur dengan antibiotik.  Hasilnya, sepotong daging yang sebaiknya tidak kita makan.

Alkohol
    Konsumsi alkohol secara regular dengan dosis tinggi telah diketahui dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kerongkongan, larink, dan hati.   Selanjutnya alkohol dapat menyebabkan tumor dan kanker pada tempat dimana iritasi tersebut terjadi.

Zat aditif pada makanan
    Beberapa zat aditif pada makanan seperti aspartam dan monosodium glutamat telah dilaporkan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.  Biasanya zat-zat ini ada dalam makanan-makanan kemasan, jadi periksa kemasan makanan yang anda beli, dan usahakan untuk menghindari aspartam dan MSG.

Pada intinya, makanan yang berlebih tidak baik bagi tubuh kita, seperti gula dan lemak.  Cara terbaik untuk memperlambat penuaan adalah memakan makanan yang alami, dan usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan olahan.  Selain daftar diatas, masih banyak makanan lain yang dapat mempercepat terjadinya penuaan, silahkan anda tambahkan sendiri ke daftar makanan yang sebaiknya tidak anda makan.

No comments:

Post a Comment