Breaking

Tuesday, March 27, 2012

Kenaikan BBM dan Sejuta Alasan

Kehidupan manusia pada saat sekarang sangat tergantung dengan Bahan Bakar Minyak (BBM).  Bahkan pada beberapa tempat, BBM menjadi lebih penting dari air dan makanan.  Misalnya suatu daerah yang kekurangan air bisa mendapatkan air dengan pengiriman menggunakan kendaraan yang menggunakan BBM.  Daerah yang kurang bahan makanan bisa memperoleh makanan dengan pengiriman menggunakan kendaraan yang menggunakan BBM juga.  Lalu bagaimana kalau BBM menjadi sangat mahal? Apa yang akan terjadi?
Kenaikan BBM memiliki efek yang sangat luas, bahkan meliputi seluruh bidang kehidupan manusia pada zaman modern ini.  Mari kita bahas satu persatu efek domino dari kenaikan BBM ini.

Bidang Ekonomi – Dampak pertama dalam bidang ekonomi adalah kenaikan harga barang- Kenaikan harga disini tidak terbatas pada jenis barang-barang tertentu, tetapi meliputi semua barang yang bisa kita lihat di pasar pada hari ini.  Dari beras, gula, tepung, hingga barang-barang elektronik.  Hal ini adalah efek yang tidak mungkin kita cegah saat harga BBM naik.  Kenapa?  Karena semurah apapun barang yang ada di pasar, itu memerlukan transportasi untuk distribusinya hingga sampai ke kita.

Bidang Pendidikan – Sekolah mungkin adalah salah satu barang mewah di negeri yang kita cintai ini.  Ingatkah anda pada sebuah iklan yang gencar diputar beberapa tahun lalu menjelang pemilu?  Iklan itu memiliki setting didalam sebuah angkot.  Apa hubungannya dengan BBM?  Kenaikan harga BBM tentu akan diikuti dengan kenaikan harga jasa transportasi yang tentu saja menggunakan BBM.  Termasuk orang-orang yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi kesekolah atau ke kampus. 

Bayangkan nasib pendidikan generasi penerus bangsa kita, disamping kenaikan tarif transport, sekolah tentu bisa saja menaikkan biaya pendidikan karena biaya operasional sekolah juga akan meningkat. Bagaimana mungkin pendidikan sampai kepada masyarakat di lapisan terbawah jika pendidikan gratis hanya jargon tanpa realisasi, ditambah biayanya yang akan semakin tinggi.

Bidang Sosial – Kenaikan harga barang-barang akibat kenaikan BBM tentu akan mempengaruhi kondisi sosial di negara kita.  Kenaikan harga barang tanpa disertai dengan peningkatan daya beli masyarakat akan menciptakan kerawanan sosial yang parah.  Daya beli masyarakat yang sulit naik lebih banyak dipengaruhi tingkat pendidikan dan skill yang masih rendah.  Jadi sangat sulit untuk mensejahterakan rakyat tanpa perhatian serius terhadap bidang pendidikan, tapi kita tahu sendiri dengan pendidikan di negeri yang kita cintai ini.  Selanjutnya,kerawanan sosial yang paling kentara efeknya adalah kelaparan dan kriminalitas.  Si kaya akan semakin kaya, si miskin akan kelaparan, dan kriminalitas akan menjadi sesuatu yang dihalalkan dengan alasan ketidak-adilan.

Bidang Sumber Daya Energi Listrik – Salah satu keanehan yang paling aneh di negeri ini adalah PLN, puluhan tahun menggunakan minyak bumi (solar) untuk generator listrik yang seharusnya berbahan gas yang lebih hemat dan bersih.  Bukan karena mereka tidak mau, tetapi karena mereka dilarang undang-undang.  Akibatnya, mesin lebih pendek umurnya, kotor, dan butuh perawatan yang lebih ekstra.  Dan kini BBM akan dinaikkan harganya, PLN tentu akan menaikkan TDL.  Mereka tentu tidak ingin kesejahteraan mereka dipengaruhi oleh kenaikan harga BBM, kepada siapa lagi mereka meminta kesejahteraan jika tidak kepada rakyat yang tidak memiliki pilihan lain untuk mendapatkan listrik kecuali kepada mereka.

Bidang Pertahanan dan Kemanan – Dengan harga BBM yang saat ini saja TNI masih kesulitan untuk menjaga kedaulatan tanah air yang luas ini.  Kita tidak dapat menutup mata bahwa kawasan-kawasan perbatasan kita baik di darat, laut maupun udara masih dengan mudah dapat di infiltrasi oleh pihak asing.  Salah satu penyebabnya adalah kurangnya intensitas patroli untuk mengawasi daerah-daerah tersebut.  Kenapa kurang?  Karena untuk patroli kapal laut, pesawat tempur, helikopter dan mobil-mobil pembawa serdadu kita butuh BBM untuk dapat bergerak.  Dan sekarang   BBM akan naik lagi.  Secara tidak langsung kedaulatan NKRI akan semakin terncam.  Tidakkah presiden kita yang mantan anggota TNI tahu dengan betapa berartinya kedaulatan tanah air yang kita cintai ini?  Betapa menyedihkannya!

Lalu apa alasan mereka menaikkan harga BBM?
Jika subsidi BBM adalah sebuah beban bagi negara ini, bukankah setiap kekayaan negara ini dikuasai negara untuk kesejahteraan rakyat?  Bukan semata-mata dikuasai negara untuk kesejahteraan beberapa orang yang merasa Indonesia milik mereka.
Jika ingin menghemat  BBM, dihemat untuk apa?  Bukankan kita juga yang menggunakannya karena kita memang memerlukannya.  Sementara rakyat kecil mengais-ngais untuk makan, kaum kapitalis yang semakin berjaya di tanah air ini masih dengan mudah menggunakan BBM yang ingin dihemat ini.  Untuk mereka-kah kita menghemat BBM?
Apakah karena minyak dunia mahal?  Jika mahal, bukankah kita negara yang sangat kaya dengan minyak.  Kalimantan Timur, Aceh, Riau, Jawa, semua punya cadangan minyak yang berlimpah.  Lalu kenapa kita harus membayar mahal untuk sesuatu yang sudah kita miliki!
Tulisan ini mungkin tidak akan pernah mereka baca, tapi paling tidak saya sudah mencoba mengeluarkan apa yang saya pikirkan!  Jayalah negeriku!




No comments:

Post a Comment