Breaking

Monday, January 28, 2013

Danau Sebedang, Sambas, Kalbar

Danau Sebedang

Danau Sebedang adalah sebuah danau yang terletak di desa Sebedang ± 17 km dari jantung ibukota Kab. Sambas. Perairan danau ini memiliki luas sekitar 65 ha dan disekelilingnya terdapat perbukitan dengan bagian paling tinggi  ± 400 m diatas permukaan laut, area pekuburan, hutan lindung Gunung Majau. Pemandangan alam di danau ini cukup menarik, dan kawasan ini merupakan salah satu tempat bersejarah bagi para sultan Sambas beristirahat.

Air Danau Sebedang telah lama dimanfaatkan sebagai sumber air baku PDAM Sambas maupun penduduk sekitarnya, terutama yang berada di sebelah utara danau. Untuk keperluan pengaliran air danau ini, sebuah pompa bertenaga disel terpasang diujung utara danau dekat saluran pelimpah bagian barat untuk mengambil air danau guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar bahakan sampai ke Kota Pemangkat yang berada di sebelah selatan danau Sebedang.

Danau Sebedang merupakan tempat tujuan wisata bagi masyarakat Kab. Sambas khususnya dan Kalimantan Barat bagian pantai barat. Untuk memasuki kawasan danau Sebedang dapat dilakukan melalui gerbang utama di sebelah timur dan gerbang kedua disebelah barat. Pada hari sabtu, minggu dan hari libur diberlakukan penarikan tiket masuk dengan Danau Sebedang sebesar Rp. 5000,00 untuk dewasa, Rp. 3000,00 untuk anak-anak. Pada hari biasa tidak diberlakukan penarikan tiket masuk.

Di danau ini kita bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan dan menenangkan karena sekeliling danau ini masih banyak terdapat pohon-pohon yang menghijau dan dilindungi oleh masyarakat untuk kepentingan pengairan dan wisata yang telah di laksanakan secara mandiri oleh masyakat. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil menikmati makan siang di shelter-shelter yang terdapat di tepi danau.

Bagi yang ingin berenang di air yang sejuk dan cukup bening di danau ini dapat melakukannya di bagian barat danau dimana terdapat bagian yang lebih dangkal dan tersedia pelampung-pelampung di kios-kios (warung) di dekatnya. Pengunjung juga dapat menyewa sampan untuk mengelilingi danau dengan biaya sewa sebesar Rp. 20.000,- persampan yang dapat memuat empat orang penumpang.

No comments:

Post a Comment

Adbox