Breaking

Wednesday, January 9, 2013

Objek Wisata Kota Bogor

Kota Bogor memiliki sejarah yang sangat panjang, dan sebagian kisah tersebut masih dapat kita lihat sisa-sisanya pada saat ini. Karena itu banyak tempat yang dapat dikunjungi sebagai objek wisata, terutama untuk wisatawan yang senang dengan sejarah. Berdasarkan data tentang kepariwisataan, jenis-jenis objek wisata yang ada di kota Bogor berjumlah sepuluh, dimana kesepuluh objek wisata tersebut adalah :

Istana Bogor
Istana Bogor adalah salah satu tempat peristirahatan Presiden RI, istana ini memiliki area seluas 28 Ha yang ditumbuhi oleh sekitar 100 pohon besar dengan halaman rumput yang luas. Di halaman ini hidup ratusan ekor kijang aksis. Istana ini didirikan pada tahun 1745 oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda yang bernama Gustaf Willem Baron Van Imhoff dengan tujuan sebagai tempat peristirahatan. Untuk berkunjung ke istana Bogor, pengunjung minimal berjumlah 10 orang dan diharuskan menyampaikan surat permohonan kunjungan ke kepala rumah tangga Istana Kepresidenan Bogor.

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor sebenarnya adalah bagian dari istana Bogor, tepatnya halaman halaman dan kebun dari Istana Bogor. Luas areal Kebun Raya Bogor sekitar 87 Ha, didirikan pada tahun 1817 oleh Prof. DR, c. G. C. Reinwart seorang ahli botani dari Jerman. Kebun Raya Bogor ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda. Di dalamnya terdapat 20.000 tanaman yang tergolong dalam 6000 spesies yang merupakan herbarium hidup dari berbagai jenis tanaman asli di hutan-hutan di wilayah Indonesia.

Museum Etnobotani
Museum ini diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. DR. BJ. Habibie. Sekitar 2000 artefaka etnobotani banyak suku di Indonesia dipamerkan di museum ini. Berbagai diorama pemanfaatan flora sebagai bahan sandang, pangan, papan, obat-obatan, kosmetika maupun pelengkap ritual dan lain-lain dilengkapi dengan cara peragaan cara membuatnya.

Museum Zoologi
Museum Zoologi ini didirikan pada tahun 1894, koleksi yang terdapat pada museum ini meliputi ribuan spesies binatang mamalia, serangga, reftilia, burung ikan, dan moluska.

Museum Tanah
Museum Tanah ini dijadikan sebagai pusat penelitian tanah dan agroklimat. Terdapat koleksi jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia yang berupa makromonolit serta dilengkapi oleh data gambar tempat pengambilan, gambar penampang tanah, data morpologi, data analisis tanah dan lingkungan tanah.

Plaza Kapten Muslihat
Merupakan tempat rekreasi dan hiburan untuk umum dilengkapi dengan fasilitas toko cinderamata, rumah makan dengan berbagai hidangan. Secara berkala menampilkan pentas musik tradisional. Di kawasan ini terdapat gedung pusat informasi Kepariwisataan atau Tourism Information Centre (TIC). Plaza ini disebut juga taman topi square karena bangunan-bangunan dalam taman ini berbentuk topi. Plaza Kapten Muslihat berada hanya beberapa meter dari stasiun kereta Bogor.

Situ Gede
Wisata Situ Gede ini merupakan danau yang berada di kawasan atau lingkungan yang keadaannya relatif masih alami dikelilingi hutan kementrian kehutanan yang rindang. Situ Gede terletak di kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat. Situ Gede adalah salah satu objek wisata air, di tempat ini seringkali dijadikan lokasi event lomba pemacingan ikan. Kondisi hutan yang rimbun dan sejuk (biasa disebut juga hutan cifor) menjadikan banyak pengunjung datang untuk sekedar berekreasi atau menjadikan lokasi ini sebagai tempat pelatihan atau kegiatan outbond.

Museum Pembela Tanah Air
Museum ini merupakan lokasi pusat pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, didirikan pada tahun 1996 oleh Yayasan Perjuangan Yanah Air, dan diresmikan oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke II).Di dalam museum Pembela Tanah Air ini terdapat berbagai diaroma mengenai perjalanan perjuangan para pahlawan Pembela Tanah Air dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia.
Museum peta Didalamnya memuat 14 Diorama sebagai salah satu bentuk perwujudan dalam perjalanan proses pergerakan kebangsaan terjadi ketika pada tanggal 3 Oktober 1943 bertempat dibekas Kesatriaan tentara KNIL / Belanda, Pabaton Bogor.

Museum Perjuangan
Di dalamnya terdapat diaroma perjuangan dan koleksi berbagai macam senjata hasil rampasan dari tentara Jepang dan Inggris yang kemudian digunakan oleh para pejuang untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Museum Perjuangan didirikan pada tahun 1957 sebagai tempat penyimpanan macam-macam senapan yang digunakan para perjuang kemerdekaan dan terdapat koleksi senapan yang merupakan hasil rampasan dari tentara jepang dan inggris.

Prasasti Batutulis
Prasasti Batutulis dibuat pada masa pemerintahan Surawisesa pada tahun 1521-1535 Putra Prabu Siliwangi Raja Pajajaran. Selain obyek-obyek wisata unggulan di Kota Bogor masih terdapat lokasi yang dapat dikembangkan sebagai obyek wisata antara lain Wisata Kampung Tour di Kelurahan Cikaret Pancasan Bogor, kebun penelitian tanaman obat industri Cimanggu, Kawasan pedesaan Situ Gede dan pusat-pusat penelitian lainnya.

No comments:

Post a Comment

Adbox