Breaking

Thursday, March 27, 2014

10 Bandara Terbaik di Dunia 2014

Kebun Anggrek dalam Bandara Changi Singapura
Ditengah berita hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang menarik perhatian seluruh masyarakat dunia, untuk kedua-kalinya Bandara Changi, Singapura telah terpilih sebagai bandar udara terbaik di dunia. Daftar 10 besar bandara terbaik di dunia 2014, didominasi oleh bandara yang berada di Asia dan Eropa dan tidak satu pun bandara di Amerika Serikat yang masuk ke dalam daftar itu.


Ajang pemilihan The World Airport Awards by Skytrax diadakan pada tanggal 26 Maret 2014 dalam Ekspo Terminal Penumpang di Barcelona, Spanyol, responden terdiri dari 12,85 juta dan survey ini melibatkan 410 bandar udara. Penumpang pesawat ditanyakan tentang 39 indikator performa kunci untuk setiap bandara seperti check-in, kedatangan, transfer,perbelanjaan, keamanan, dan imigrasi.

Selain sekali lagi menjadi bandar udara terbaik sedunia, Changi Airport juga disebut sebagai bandara yang terbaik untuk kenyamanannya dalam menghabiskan waktu luang: dalam bendara ini terdapat kebun kaktus, kebun anggrek dan kolam ikan koi, kebun bunga matahari, dan kebun kupu-kupu.

"Bandara Changi telah menunjukkan dirinya lebih dari sekedar bandara," kata  Edward Plaisted, CEO dari Skytrax. "Changi Airport menawarkan pengalaman perjalanan didalamnya dan dilanjutkan dengan pembangunan standar kualitas sehingga terpilih  lagi sebagai bandara terfavorit di dunia."

Tidak satu pun airport di Amerika Serikat yang masuk dalam 10 besar bandara terbaik di dunia dalam daftar Skytrax ini, dan sungguh mengejutkan karena New York's LaGuardia Airport tidak termasuk dalam daftar ini.

Incheon International, bandara utama di Seoul, Korea Selatan menduduki peringkat kedua dalam daftar ini, sama seperti tahun lalu. Bandara ini juga meraih predikat sebagai bandara dengan pelayanan transit internasional dan imigrasi terbaik di dunia.

Di tempat ketiga dan kelima bandara terbaik di dunia tahun 2014, masing-masing adalah dua bandara utama di Eropa, Munich dan Amsterdam Schiphol. Bandara Munich kembali ke tiga besar untuk pertama kalinya sejak tahun 2006, merebut penghargaan untuk bandara terbaik di Eropa dan Eropa Tengah serta untuk staf terbaik di Benua Biru berkat apa yang disebut Skytrax sebagai "renowned hospitality Bavarian."

Posisi keenam, ketujuh dan kedelapan ditempati Tokyo Haneda International, Beijing Capital International dan Zurich, sedangkan tempat kesembilan diraih oleh Vancouver International, satu-satunya bandara dari Amerika Utara pada daftar ini dan mempertahankan penghargaan untuk fasilitas terbaik di benua Amerika Utara .

" Bandar Udara Internasional Vancouver terus menjadi pilihan populer di antara penumpang - tidak hanya sebagai pintu gerbang ke barat laut Kanada tetapi juga tempat transit bagi wisatawan yang menuju ke daerah lain di Amerika Utara," kata Plaisted dari Skytrax.

Posisi kesepuluh bandara terbaik di dunia diraih oleh Heathrow London. Bandara terbesar di ibukota Inggris ini memegang penghargaan terminal terbaik untuk Terminal Lima serta memenangkan bandara terbaik untuk berbelanja untuk tahun keempat berturut-turut.

Sumber:
http://www.nbcnews.com
Kredit gambar:
http://en.wikipedia.org/wiki/Singapore_Changi_Airport

No comments:

Post a Comment

Adbox