Breaking

Wednesday, March 26, 2014

Indonesia, Negara Megaculturediversity

Wujud Kekayaan Budaya Indonesia
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan hayati tertinggi di dunia. Lebih tepatnya, Indonesia menempati peringkat 4 dalam daftar negara dengan biodiversitas terbesar. Tapi ada satu kekayaan lagi yang dimiliki oleh Indonesia, yang sepertinya tidak ada satu pun negara di dunia ini memiliki keragaman yang lebih tinggi dari Indonesia, yaitu keragaman budaya.



Setidaknya terdapat 2000 suku yang berbeda di Indonesia, dan terdapat lebih dari 500 induk bahasa yang berbeda pula. Tahukah Anda, lebih dari 2000 suku tersebut juga memiliki budaya yang berbeda, terutama dalam hal seni. Seni musik, seni tari, seni sastra, seni patung, seni lukis. Bentuk kekayaan budaya lainnya adalah keragaman arsitektur, upcara adat, sistem pertanian, sistem pemerintahan, kearifan budaya, sistem pengelolaan sumber daya alam, dan masih banyak kekayaan lainnya.

Betapa kayanya Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa semua kekayaan ini sedang terancam? Satu-satunya ancaman adalah kebudayaan global yang membuat banyak anak bangsa ini lupa dengan kekayaan budayanya yang tidak ternilai. Karena itu, mari kita lestarikan budaya-budaya tersebut. Ikut melestarikan ini bisa kita lakukan misalnya dengan membuat kegiatan untuk memperkenalkan budaya kita, atau mengikuti even-even budaya di daerah tempat tinggal kita. Atau, melalui blog seperti blog langit khatulistiwa ini kita bisa memperkenalkan budaya asli daerah kita.

Salam Lestari Budaya.

No comments:

Post a Comment