• Petualangan dan Lingkungan

    Sunday, April 6, 2014

    Danau Lait Potensi Wisata Tayan

    Kalimantan Barat memiliki potensi wisata yang sebenarnya tidak kalah dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Objek wisata budaya dan wisata alam cukup banyak dan mudah kita temukan di provinsi ini. Namun sayangnya selama beberapa tahun kebelakang potensi-potensi tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.

    Danau Lait (Kredit: https://smartata.wordpress.com/)
    Salah satu potensi wisata alam di Kalimantan Barat adalah Danau Lait yang terletak di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau.  Danau ini memiliki lokasi yang relatif dekat dengan kota Pontianak yang memiliki jumlah penduduk relatif besar, karena itu danau ini potensial untuk dikembangkan sebagai objek kawasan wisata dengan menjadikan warga ktoa Pontianak sebagai target pengunjungnya..

    Adanya pulau, sungai, danau dan daratan yang dilengkapi  dengan fenomena alam pasang surut yang ekstrim, merupakan keunikan tersendiri bagi Danau Lait yang potensial dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Indonesia.

    Danau ini memiliki luas sekitar 1 kilometer persegi dengan lima pulau di tengahnya, sekelilingnya terdapat Gunung Lait dan Gunung Tiong Kandang yang menambah daya tarik pemandanan danau ini. Kelima pulau tersebut dapat dijangkau dengan menggunakan perahu, pulau-pulau tersebut terdiri dari Pulau Ambos, Songe, Penyaok, Nyetnyet dan Lambung. Danau Lait berhubungan dengan Danau Subah, Terentang, Selatai dan Belat. Berlokasi di kecamatan Tayan, 70 kilometer dari kota Sanggau, objek menarik ini dapat dicapai dari kota Tayan lewat kendaraan air.

    Kawasan Danau Lait dapat dikembangkan sebagai obejek wisata dan rekreasi seperti memancing dan berkemah.

    Sebagai tambahan informasi, Danau Lait adalah danau yang digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film "Tanah Surga... Katanya!" yang di produseri oleh Dedy Mizwar.

    Referensi:
    http://www.bogorbotanicgardens.org/
    http://www.pontianakonline.com/

    4 comments:

    1. sering baca nama sanggau dari cerita di blog temen. tapi belum pernah liat foto danau ini. moga suatu saat bisa main ke sana :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. mungkin tidak sedramatis danau-danau di pulau2 lain, tapi kalbar juga memiliki objek wisata dengan keunikanya sendiri gan.. mudah2n kesampaian juga ya ke sanggau... banyak juga objek wisatanya yang lain... :)

        Delete
    2. Selama ini belum pernah sama sekali ke Tayan, sebenarnya pengen banget jalan-jalan kesana tapi waktunya belum sempat. Kebetulan juga ada sahabat blogger saya juga dari Tayan yaitu Natalius Abidin (www.katanatalius.com). Btw, tulisannya menarik karena mengangkat tema tentang objek wisata di Tayan. Tetap semangat yach... :-)

      ReplyDelete
    3. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

      ReplyDelete

    Fashion

    Beauty

    Travel