Sail Karimata: Menikmati Keindahan dasar Laut Hingga Puncak Gunung Cabang

Sail Karimata - Karimata, kata yang mungkin sangat tidak asing bagi warga Kota Pontianak, karena ada jalan di Kota Khatulistiwa ini yang dinamakan Karimata. Belakangan Karimata mungkin semakin terkenal seantero dunia karena sebuah pesawat dari maskapai Air Asia telah jatuh di sekitar perairan selat Karimata. Dalam waktu dekat ini Kawasan Suaka Alam Laut Kepulauan Karimata akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar yang rutin di lakukan di Indonesia, yaitu Sail Indonesia yang pada tahun 2016 akan di bertema Sail Karimata.
Tapi, masyarakat Indonesia, khususnya warga kota Pontianak, tahukah anda apa itu Karimata? Dimana letak Selat Karimata? Berikut adalah sedikit cerita tentang Pulau Karimata yang dapat kita katakan sebagai salah satu pulau yang diceritakan dalam Rayuan Pulau Kelapa. Pulau yang akan menjadi salah satu perhelatan akbar kebaharian, yaitu Sail Karimata.

gunung cabang, suaka alam laut karimata
Pemandangan Puncak Gunung Cabang dari Muara Sungai Betok - Pulau Karimata
Pulau Karimata adalah sebuah pulau yang terletak di laut Jawa antara Pulau Kalimantan dan Pulau Belitung, sekitar 107 km dari Sukadana atau sekitar 175 km dari Pontianak. Secara administratif Pulau Karimata termasuk dalam wilayah Kecamatan Karimata Kabupaten Kayong Utara.

kepulauan karimata di kabupaten kayong utara
Pemukiman Masyarakat
Pusat pemukiman penduduk di Kepulauan Karimata berada Desa Padang dan Desa Betok yang berada di Pulau Karimata, selain kedua desa tersebut ada Desa Jaya yang terdapat di Pulau Pelapis, sekitar 3 jam dari pulau Karimata. Fasilitas di desa Betok dan Padang pada saat ini relatif memadai, setidaknya ada dermaga yang berfungsi baik dan fasilitas pendidikan berupa sekolah dasar.

sekolah dasar di desa betok, pulau karimata
Fasilitas Sekolah Dasar di Desa Betok Jaya
Desa Betok berpenduduk sekitar 887 jiwa, sedangkan Desa Padang berpenduduk sekitar 1705 jiwa. Masyarakat Desa Betok dan Desa Padang menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa sehari-hari mereka, uniknya walaupun 2 desa tersebut menggunakan bahasa melayu, namun terdapat perbedaan dalam hal dialek. Masyarakat desa Padang cenderung berdialek Melayu Kalimantan sedangkan desa Betok berdialek bahasa Melayu Belitong. Kedua desa ini dipisahakan oleh hutan rimba dan 7 muara sungai yang membagi pulau Karimata besar.

Di sekeliling pulau Karimata juga terdapat pemukiman-pemukiman kecil atau dusun, salah satunya adalah Dusun Kelumpang. Penduduk dusun Kelumpang boleh dikatakan adalah orang-orang yang paling menguasai medah hutan dan gunung di Pulau Karimata, karena mereka relatif sering mendaki ke bagian tengah pulau.

Pemandangan
Hampiran pasir putih di tepian pantai alami yang hijau kebiruan selalu dapat memukau manusia yang sedang memandangnya, Karimata adalah salah satu tempat yang memiliki banyak sekali pemandangan seperti demikian. Desa Betok, Pantai Tanjuru, Dusun Kelumpang, Pulau Begunung, dan hampir semua pantai pantai di Karimata memiliki pemandangan yang indah.

Pantai Tanjuru di Pulau Karimata
Wisata Pantai Pulau Karimata Kabupaten Kayong Utara
Pantai Tanjuru - Karimata (Dok. Ezak)
Tidak hanya pantai, Pulau Karimata juga memiliki lanskap pegunungan dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Lanskap pegungan ini dapat dinikmati dengan melakukan pendakian ke bagian tengah Pulau Karimata dimana Gunung Cabang berdiri dengan gagah. Gunung ini dinamakan gunung Cabang karena puncaknya memang bercabang. Puncak sejatinya memiliki ketinggian sekitar 1030 mdpl. Rangkaian pegunungan di Karimata ini merupakan salah satu gunung di Kalimantan Barat yang memiliki pemandangan terindah.

Lereng Gunung Cabang, Pulau Karimata
Sungai di Lereng Gunung Cabang

Pulau Karimata juga memiliki beberapa air terjun alami yang indah, yang paling terkenal adalah Air Terjun Bidadari. Jika kita berlayar dari Desa Betok ke Desa Padang lewat perairan sebelah selatan, maka kita bisa melihat air terjun ini dari di kejauhan. Kita juga bisa melihat dari dekat air terjun yang relatif tinggi dan besar ini dari dekat dengan menyusuri sungai Betok hingga ke hulunya.

air terjun, bidadari, pulau, karimata
Air Terjun Bidari - Karimata
Aktifitas
Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Pulau Karimata, beberapa aktifitas tersebut misalnya diving, susur pantai, mendaki gunung (hiking) atau sekedar melihat pemandangan di tepi pantai. Diving dapat dilakukan di banyak spot karang, misalnya disekitar Desa Padang. Snorkling bisa kita lakukan di perairan teluk Desa Betok.

Untuk hiking, pendakian bisa dimulai dari desa Kelumpang dimana kita bisa meminta bantuan penduduk setempat untuk menjadi penunjuk jalan. Disepanjang jalur pendakian ini kita bisa melihat pemandangan pegunungan Cabang yang menghijau berhias batu-batu besar. Jalur pendakian dari Kelumpang adalah jalur yang singkat dan relatif landai sehingga tidak terlalu menguras tenaga.

pendakian, gunung, cabang, pulau, karimata, selat,
Jalur Pendakian Gunung Cabang - Karimata

Pemandangan Bukit Berbatu menuju puncak Gunung Cabang
Aksesibilitas
Pulau Karimata dapat dikunjungi menggunakan transportasi air. Saat ini terdapat tiga rute pelayaran dari dan menuju Karimata, yaitu Pontianak  (Sungai Kakap) - Pelapis -  Karimata, Pontianak (Senghi) - Sukadana - Karimata, dan Pontianak (Senghi) - Ketapang - Karimata.

Dari pelabuhan Kakap pelayaran dapat memakan waktu sekitar dua belas jam jika cuaca cerah dan gelombang tidak tinggi. Kapal Motor yang menuju Karimata dari Sungai Kakap ini sebenarnya adalah kapal barang yang memasok sembako ke gugusan Kepulauan Karimata, perjalanan ini akan beberapa kali menyinggahi gugusan pulau di Kepulauan Karimata untuk menurunkan barang dagangan mereka dan mengambil ikan hasil tangkapan nelayan.


Jika dari Pelabuhan Senghie dapat menggunakan speed boat selama 4 jam tujuan Sukadana kemudian dengan kelotok selama 12 jam menuju Pulau Karimata. Rute via ketapang bisa menggunakan Express selama 7 jam tujuan Ketapang, dari Ketapang baru menyeberang menuju Pulau Karimata selama 12 jam.

6 comments for "Sail Karimata: Menikmati Keindahan dasar Laut Hingga Puncak Gunung Cabang"

  1. Replies
    1. terimakasih atas izin fotonya pak, bagus sekali pemandangan di pulau ini...

      Delete
  2. Subhanallah indah sekali ya pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. indanya banget2 mbak, ketagihan rasanya kesana lagi... :)

      Delete
  3. Ijin share bg artikel terkait,
    http://penakereng.blogspot.com/2015/03/bidadari-karimata.html

    ReplyDelete