Fakta Menarik dan Manfaat Daur Ulang

Berbagai permasalahan lingkungan saat ini semakin jelas terlihat diberbagai tempat, dari skala global seperti pemanasan global hingga skala lokal seperti banjir. Masalah-masalah tersebut sangat mendesak kita untuk peduli agar lingkungan kita tidak menjadi sumber bencana bagi kita sendiri. Salah satu cara untuk peduli dengan lingkungan adalah dengan melakukan daur ulang sampah.

Daur ulang bahan dapat menghemat energi dan membantu kita menjaga lingkungan. Berikut adalah informasi tentang daur ulang dan beberapa fakta-fakta tentang daur ulang dan apa yang dapat anda lakukan untuk membantu menyelamatkan lingkungan. Kita dapat membantu menyelamatkan  lingkungan kita dengan daur ulang bahan seperti kertas, plastik, karet, kaca, dan kaleng aluminium?

Apa itu Daur ulang?
Daur ulang adalah proses untuk mengubah satu bagian produk yang sudah tidak terpakai namun  masih berguna ke dalam produk baru; hal ini dilakukan untuk menghemat konsumsi sumber daya energi dan ruang yang digunakan di tempat pembuangan sampah. Kamu ingin tahu lebih banyak?

Fakta & Manfaat Menarik Daur Ulang
  1. Tidak ada batasan berapa kali aluminium dapat didaur ulang.
  2. Daur ulang tumpukan surat kabar setinggi 3-kaki dapat menyelamatkan satu pohon utuh.
  3. Karet sol sepatu dapat didaur ulang untuk membuat lapangan basket dan lapangan sepak bola.
  4. Kertas daur ulang membutuhkan energi sekitar 60% lebih sedikit dan air untuk membuat daripada baru kertas.
  5. Kaleng daur ulang dapat dibuat menjadi pesawat terbang, peralatan, perabot dan banyak lagi.
  6. Botol kaca daur ulang dapat dibuat menjadi jalan, ubin, bahkan papan selancar.
  7. Botol plastik daur ulang dapat dibuat menjadi babut, jaket, pagar dan lebih.
  8. Sekitar 60% sampah kita dibuang hari ini bisa didaur ulang.
  9. Sebuah survei dilakukan dan 9 dari 10 orang yang disurvei mengatakan mereka akan mendaur ulang lebih jika lebih mudah.
  10. Produk yang paling umum dalam program daur ulang produk kertas kardus, plastik, kaca dan aluminium.
  11. Dengan daur ulang satu botol plastik, kita tidak hanya menyelamatkan suatu tempat di TPA sekitar 100 hingga 1000 tahun, tetapi juga menyelamatkan  lingkungan dari emisi dalam memproduksi botol baru serta minyak yang digunakan untuk memproduksi botol itu.
  12. Untuk setiap ton plastik yang didaur ulang, kita menyelamatkan energi yang setara dengan penggunaan energi oleh 2 orang untuk 1 tahun, jumlah air yang digunakan oleh 1 orang dalam waktu 2 bulan dan hampir 2000 pon minyak.
Masih banyak benda lain yang ternyata dapat didaur ulang, bahkan dengan harga yang jauh lebih mahal dari pada barang aslinya. Namun tentu saja kembali kepada kreatifitas dari di pendaur ulang. Saat ini sudah banyak orang yang melakukan daur ulang terhadap berbagai macam barang yang sudah tidak terpakai, selain menyelamatkan lingkungan, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan mereka. Semogo kita bisa berbuat untuk menyelamatkan lingkungan kita.

Post a Comment for "Fakta Menarik dan Manfaat Daur Ulang"